Carissa Puteri Dongeng Tiap Malam

By nova.id, Sabtu, 16 April 2016 | 01:00 WIB
Carissa Putri, Dongeng Tiap Malam (nova.id)

Tabloidnova.com - Wajah Carissa kini memang semakin jarang tampil di layar kaca. Terakhir, ia membintangi film layar lebar Hijab. Saat ditanya kesibukannya, istri Navies Abdullah Naif ini mengaku sedang mengurus si kecil Quenzino. Menurut Carissa, saat ini Quenzino sedang sangat aktif. Maklum saja, usianya menginjak 2,5 tahun. “Dia lagi senang-senangnya mencoba hal-hal yang baru. Banyak banget nanya. ‘Ini apa, Ma?’, ‘Itu apa?’, ‘Buat apa?’ Setiap hari kerjanya tanya terus. Lagi seru-serunya,” cerita Carissa bangga. Tak heran, ia pun merasa sangat berat jika harus meninggalkan Quenzino demi syuting. Apalagi, selama ini ia merawat Quenzino tanpa dibantu baby sitter. Hampir semua waktunya, kata Carissa, dihabiskan bersama bocah yang lahir 19 Semptember 2013 ini.“Sesibuk-sibuknya saya, saya selalu siapkan waktu untuknya. Biasanya, kalau akhir pekan, kita jalan ke mal sekeluarga. Dia suka naik kereta. Atau saya ajak ke tempat outdoor dimana dia bisa eksplor juga, biar dia sehat kena sinar matahari,” ujar pemeran Maria dalam film Ayat - Ayat Cinta ini.  

Babak Belur

Meski menjadi ibu merupakan pengalaman pertamanya, namun Carissa mengaku bukan tipe ibu yang overprotective terhadap anaknya. Jika ibu lain selalu berusaha agar anaknya tak sampai jatuh atau bermain kotor-kotoran, hal berbeda justru ditunjukkan oleh Carissa.

Carissa tak pernah mengekang anaknya untuk bermain. Ia juga membebaskan Quenzino bermain di luar rumah dan memuaskan rasa ingin tahunya terhadap lingkungan sekitar. Ia merasa eksplorasi merupakan masa penting bagi putranya untuk tumbuh kembang optimal.

“Anak saya suka sekali bermain bola. Jadi setiap hari, ia bermain bola di dalam ataupun di halaman rumah. Dia juga suka bowling dan berenang. Sekarang, dia senang belajar melempar sampai ke sasaran. Dia, kan, anak cowok. Dengan melepaskan dia bermain ke luar, bisa melatih keberanian, kemampuan dan kreativitasnya,” ujar Carissa.

Ia bahkan bercerita bahwa Quenzino pernah bermain mobil-mobilan hingga cedera. “Waktu masih umur setahun, ia main mobil-mobilan ngebut banget di dalam rumah. Mobilnya kebalik dan dia kepentok stirnya. Pipi kanannya memar, biru dan bengkak. Bibirnya juga robek. Selama dua hari setelah kejadian itu, dia kapok. Enggak mau ngebut-ngebut, tetapi sudah itu, ya udah. Lupa lagi. Dia tidak takut jatuh, walau pernah jatuh sampai babak belur seperti itu,” kenang Carissa yang sempat panik ketika kejadian itu.

“Waktu jatuh, saya panik, sih, panik. Tapi, ya, enggak apa-apa. Saya langsung kasih obat dan cepat sembuh. Tapi, biar itu jadi pengalaman buat dia juga. Jadi pembelajaran buat dia untuk memilah mana yang baik dan buruk,” jelas aktris 31 tahun itu.

Pilih Buku Sendiri

Belajar dari pengalaman pribadi itulah, Carissa menyarankan agar orangtua jangan terlalu khawatir dengan aktivitas yang anak lakukan. “Dan jangan keseringan bilang jangan, pada anak. Nanti, anak jadi penakut dan tidak berani untuk mencoba hal-hal baru. Lebih baik biarkan saja anak mengenal lingkungan di sekitarnya. Dengan lingkungan alam ataupun lingkungan sosial saat berinteraksi dengan orang-orang yang ditemui. Itu agar seimbang juga kecerdasan emosionalnya,” tambahnya.

Tak hanya soal bermain, Carissa juga sangat memerhatikan perkembangan kecerdasan emosional anaknya lewat dongeng. Setiap malam, kata artis kelahiran Frankfurt, Jerman, 12 September 1984 ini, anaknya selalu minta dibacakan buku cerita.

“Biasanya, sebelum tidur, dia minta diceritain. Jadi, saya harus dongengin dulu. Hobinya melihat buku-buku dongeng. Dia suka melihat gambar gajah, kura-kura, burung. Bayangin aja, anak sekecil dia, tapi sudah hobi baca buku. Kalau dibawa ke toko buku, dia paling seneng. Udah gitu, dia udah tahu apa yang dia mau. Jadi, dia biasanya pilih sendiri buku-buku yang dia mau lihat. Sekarang, sih dia belum bisa baca. Baru lihat gambarnya. Tapi saya ikut senang. Biar jadi kebiasaan, karena sudah diajarkan sejak kecil,” aku Carissa bangga.

Jadi Selebgram

Carissa rajin mengunggah foto dan video yang merekam tingkah pola Quenzino yang lucu dan menggemaskan. Tak heran, apa pun yang Carissa unggah tentang Quenzino, selalu mendapat komentar yang positif dan mendapat ribuan tanda jempol atau hati.

Quenzino menjadi salah satu anak artis yang banyak difavoritkan orang dan menjadi selebgram. Quenzino bahkan sudah meraih piala sebagai pemenang untuk kategori Mom and Kids di sebuah stasiun televisi swasta. Sayangnya, Carissa enggan mengarahkan Quenzino mengikuti jejaknya dan juga sang nenek, artis senior Lily SP, menjajal dunia hiburan.

“Saya lebih melarang dia (jadi artis). Saya ingin masa kecilnya main aja, enggak harus syuting,” kata Carissa.

Apalagi ia melihat Quenzino tak terlalu suka dengan keramaian. “ Dia juga enggak suka dalam lingkungan yang dia enggak kenal. Kalau ada yang bilang, ‘Quenzi foto, dong,' dia pasti langsung teriak kencang," jelas Carissa.

Syanne, Isna