Ini 10 Lokasi yang Memungkinkan Gadget Mudah Hilang, Hati-hati!

By nova.id, Minggu, 25 Juni 2017 | 06:15 WIB
Inilah 10 Lokasi yang Memungkinkan Gadget Mudah Hilang, Hati-hati! (nova.id)

Anda pasti sering mendengar atau mungkin sudah pernah mengalami handphone atau gadget kesayangan lenyap alias hilang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari tertinggal, terjatuh, terselip, tertukar, kelupaan atau dicopet.  

Mengutip dari Chip, ternyata inilah 10 lokasi yang memungkinkan gadget mudah hilang. Mengejutkannya lagi, data yang dipaparkan oleh Chip menemukan bahwa total nilai dari semua gadget yang hilang di seluruh dunia dalam satu hari mencapai 7 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 98 miliar.

Pesannya, kita jadi harus lebih berhati-hati, terutama ketika sedang berada di tempat-tempat tertentu. Inilah 10 lokasi yang memungkinkan gadget mudah hilang:

Keamanan bandara Kemungkinan gadget ditemukan: 50-100% Gadget biasanya diletakkan ke keranjang kecil ketika melewati cek bandara untuk melalui screening. Dalam kondisi terburu-buru dan banyak bawaan seseorang kerap lupa. Petugas biasanya langsung mengamankan. Tetapi karena ini ruang publik, mungkin ada saja orang yang memanfaatkan situasi. Sebaiknya sih masukkan ke tas tangan.

Resto, kafe atau klub Kemungkinan gadget ditemukan: 75-90% Banyak orang yang menggunakan gadget ketika sedang bersantap atau sekadar hang out. Mereka meletakkan begitu saja di meja. Tanpa sadar, mungkin di sana memang ada orang yang berniat mengambil, atau sering kali terjatuh pun terselip. Pelayan boleh jadi menemukan dan segera mengembalikan. Tetapi di Indonesia, khususnya di resto atau tempat kuliner yang padat, ada saja kisah ponsel malah dicopet.

Kolam renang umum Kemungkinan gadget ditemukan: 50-75% Biasanya gadget hilang lantaran pemilik lupa meletakkan ketika ditinggal berenang. Ia meletakkan ponsel  di sembarang tempat. Bahkan kemungkinan ketinggalan  juga bisa terjadi di loker.  Di kolam renang umum, ada kemungkinan jadi incaran maling.

Baca: Ini Bahaya Bermain Gadget saat Makan, Harus Tahu!

Ruang ganti atau ruang pas Kemungkinan gadget ditemukan: 25-75% Ruang ganti umum di gym atau kolam renang, ruang pas baju di butik kerap kali tertemu ponsel . Di ruang ganti umum lebih sulit menemukan kembali ketimbang di ruang pas. Sebab, ruang ganti kerap berganti pula penggunanya. Terlebih di tempat yang tidak memiliki catatan pemakaian. Di ruang pas bukan berarti  ponsel bisa segera ditemukan, sebab setelah Anda, biasanya bergantian orang lain masuk dan keluar.

Bioskop Kemungkinan gadget ditemukan: 25-75% Kalau tak bawa tas, biasanya gadget Anda selipkan ke kantung celana. Pada saat duduk dan tengah konsen ke layar, sangat mungkin ponsel keluar dari saku dan jatuh hingga ke lantai. Sementara biasanya penonton dihimbau untuk tak mengaktifkan ponsel. Selesai film diputar yang ada Anda lupa bahwa gadget sudah tak terselip di saku.

Baca: Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Gadget pada Anak

Sekolah, kampus, atau kantor Kemungkinan gadget ditemukan: 15-75% Hilang di sekolah atau kampus lebih mudah untuk dicari kembali. Sebab, biasanya tidak jauh dari ruang kelas, kantin atau tempat aktivitas lain. Kebetulan ruang-ruang tersebut biasanya selalu dibersihkan. Kendati bukan tidak mungkin ada oknum yang sengaja mencari keuntungan dengan mengambil untuk kepentingan pribadi.

Taksi Kemungkinan gadget ditemukan: 0-50% Hal yang paling sering karena Anda meletakkan begitu saja di jok, apalagi sampai ke pinggir. Kemungkinan terjatuh ke karpet mobil juga sangat tinggi. Sang sopir mungkin tak mengetahui sehingga persentase ketemu sangat kecil. Apalagi jika ponsel dalam keadaan mati.

Baca: Senang Main Gadget dan Sering Kesemutan? Waspada Neuropati

Pesawat Kemungkinan gadget ditemukan: 0-15% Pesawat adalah alat transportasi publik di mana kru-nya pun kerap berganti. Lokasi paling sering ponsel tertinggal adalah di seat dan tempat simpan majalah atau disposal paper. Tapi juga mungkin terjatuh. Gadget hilang di pesawat biasanya lantaran penumpang terburu-buru. Lagi pula, ponsel umumnya memang harus dalam posisi offline.

Tempat konser Kemungkinan gadget ditemukan: 0-15% Usai konser, petugas kebersihan sering kali panen gadget. Ya, penonton kerap kali lupa setelah puas menyaksikan band favoritnya beraksi. Walaupun tidak sedikit yang rusak karena jatuh atau terinjak. Kalau sudah begini, apalagi digelar di lapangan atau stadion, sebaiknya relakan saja gadget Anda. Berharap ditemukan orang baik boleh, tetapi jangan terlalu berharap besar.

Bus atau kereta Kemungkinan gadget ditemukan: 0-2% Di transportasi umum ini sangat kecil kemungkinan gadget kembali. Harap maklum, begitu ponsel terselip, sulit untuk melacak kembali, karena bus atau kereta sudah keburu jalan. Syukur jika tertemu oleh warga yang peduli. Anda tinggal bikin janji. Lagi pula Anda kadang tidak hafal dengan bus atau kereta yang Anda tumpangi. Ini makin mempersulit melacak. Kecuali Anda aktifkan aplikasi pencarian.

Sumber: Chip