4 Perlengkapan Sanitizer Wajib Saat ke Toilet Umum

By , Kamis, 14 April 2016 | 08:45 WIB
4 Perlengkapan Sanitizer Wajib Saat ke Toilet Umum (Nova)

Dinamisnya kehidupan perkotaan membuat sebagian besar masyarakatnya harus rela menghabiskan waktunya di luar rumah. Misalnya seperti di kantor, kampus maupun pusat perbelanjaan dan rumah makan. Apalagi bagi perempuan karyawan kantoran yang sehari-harinya berada di luar rumah untuk bekerja.

Repotnya, jika kita harus ke WC, maka mau tidak mau, toilet umum menjadi alternatif pilihan yang tidak merepotkan.

Sayangnya, tingkat kebersihan toilet umum di Indonesia dan kota-kota besar seringkali tidak terjaga kualitasnya. Mungkin Anda bisa sedikit merasa lega soal kebersihan toilet umum di area perhotelan atau pusat perbelanjaan mewah. Namun, bagaimana dengan yang tidak?

Baca: 6 Cara Mencegah Keputihan yang Perlu Dicermati

Terlebih, toilet umum digunakan oleh banyak orang setiap saat, sehingga bukan tak mungkin jumlah kuman dan bakteri yang berada disana akan lebib berisiko bagi kesehatan. Jelas, masalah sanitasi ini rentan menginfeksi tubuh kita dari kuman penyakit, terutama area kewanitaan.

Nah, pencegahan infeksi kuman bakteri di toilet bisa Anda lakukan dengan mulai menyiapkan 4 perlengkapan sanitizer wajib saat ke toilet umum. Simpan keempat barang tersebut dalam satu tas atau pouch kecil agar mudah dan ringan dibawa-bawa dan disisipkan ke dalam tas.

Apa saja 4 perlengkapan sanitizer wajib saat ke toilet umum? Berikut penjelasannya dari tabloidnova.com .

Baca: Harusnya Begini Standar Toilet Umum yang Bersih!

Tisu kering Mengapa harus repot membawa tisu kering jika toilet umum sudah menyediakannya? Nah, apakah Anda yakin kuman bakteri di toilet umum tersebut tidak menempel atau mengenai gulungan tisu kering yang sudah ada di sana?

Apalagi, bisa saja pengguna toilet umum sebelum Anda membuang kotoran atau membawa serta debu dan kuman yang akhirnya menempel di sisa gulungan tisu yang ia ambil.

Jadi, daripada mengambil risiko bagi kesehatan Anda. Tak ada salahnya menyiapkan tisu kering untuk membuka gagang pintu, membuka tutup kloset dan sebagainya. Setelahnya, jangan lupa membuang tisu langsung ke tempat sampah.

Baca: Mesin Pengering Tangan di Toilet Mal Justru Memicu Bakteri?

Tisu basah Gunakan tisu basah untuk mengelap permukaan tangan ketika baru masuk ke toilet. Ambil selembar tisu basah lainnya untuk melapisi sekeliling permukaan kloset demi menghindari paparan kuman bakteri penyebab penyakit. Tujuannya agar kulit tidak langsung menempel ke pinggiran permukaan kloset di toilet umum.

Sabun antibakteri Oleskan sabun antibakteri dengan gerakan seperti akan mencuci tangan saat ingin memegang selang penyemprot dan pembilas kloset (flush). Cara ini bisa mengurangi risiko kuman bakteri akan menempel di jari dan tangan.

Setelah Anda buang air kecil atau air besar, jangan lupa mencuci bersih tangan dan area selangkangan menggunakan sabun tersebut hingga bersih dan kering.

Baca: Ini Alasan Kesehatan Jangan Bawa Gadget ke Toilet!

Hand sanitizer dan Seat Sanitizer Ini juga perlengkapan yang tidak kalah pentingnya saat Anda harus menggunakan toilet umum. Semprotkan hand sanitizer di tangan sebelum dan sesudah menyentuh atau menggunakan kloset maupun peralatan di dalamnya.

Jangan lupa semprotkan seat sanitizer ke sekeliling permukaan kloset melapisi pinggirannya dengan tisu basah tadi. Tindakan ini baik untuk mengurangi inkubasi kuman di tangan atau area kulit Anda yang lembap dan kotor sehingga penyebaran bakteri dari toilet umum ke organ kewanitaan bisa terhindar.