Kota Terang Philips LED di Semarang

By nova.id, Rabu, 20 April 2016 | 05:59 WIB
Kota Terang Philips LED di Semarang (nova.id)

Sejak tahun 2012, Philips Lighting Indonesia melalui program Kota Terang Philips LED (KTPL) telah menyinari 18 ikon di 8 kota di seluruh Nusantara. Di awal tahun 2016 ini, dalam rangka membantu pemerintah kota Semarang memperindah ikon kota sekaligus menghemat penggunaan energi dan biaya listrik, Philips Lighting Indonesia mengawali program KTPL dengan penyinaran Balai Kota Semarang, Rabu (30/4) lalu.

Banyak manfaat yang diperoleh dari teknologi LED terkoneksi yang digunakan. Yaitu mampu mengurangi konsumsi listrik secara signifikan, tanpa mengurangi kualitas atau terangnya pencahayaan. Selain itu, sistem pencahayaan terkoneksi dapat dikontrol dari jarak jauh sehingga memberikan fleksibilitas bagi pemerintah dalam mengatur pencahayaan.

 “Selain menyinari Balai Kota, Philips juga menyinari 7 jalan utama di Semarang sekaligus menjadikan Semarang menjadi salah satu smart city,” kata Chandra Vaidyanathan, Presiden Direktur Philips Lighting Indonesia saat peresmian di Balai Kota. Jalan-jalan terebut adalah Jalan Mataram, Ahmad Yani, Mgr Sugijapranata, Kompol Maksum, Pandanaran, Jenderal Sudirman, dan Abdul Rahman Saleh.

Acara prosesi penyinaran Balai Kota dihadiri pula Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Katon Bagaskara, dan Kilimanjaro Band yang menghibur para tamu yang hadir di Balai Kota. Pembawa acara Denbagus Ngarso dan Marwoto mampu menghibur para tamu.

Hendrar  mengatakan program ini sekaligus sebagai hadiah ulangtahun kota Semarang ke-469. “Saya harap tak hanya balai kota saja yang diterangi, namun juga ikon lainnya di Semarang, misalnya, kota lama.” Demikian juga dengan harapan Ganjar, ada kegairan dalam menyambut ulangtahun Semarang ini. “Kontribusi ini akan membuat indeks kebahagiaan warga Semarang akan bertambah,” tandas Ganjar.

Acara yang digelar tak hanya malam itu saja, tapi ada sederet acara lain, digelar mulai Rabu (30/3) – Minggu (3/4). Philips Lighting menghadirkan Philips Lighting Week di Paragon Mal Semarang. Di acara ini akan ditampilkan berbagai solusi pencahayaan LED terintegrasi untuk diterapkan di rumah, kantor, hotel, jalan umum, ritel, dan industri. Ada juga talk show tentang Masa Depan Pencahayaan untuk komunitas dan asosiasi profesi, bagi anak-anak digelar kompetisi tari dan lomba mewarnai.

Noverita K. Waldan