Olga Lydia Kagum Berburu Pertunjukkan Teater Hingga Luar Negeri

By nova.id, Sabtu, 23 April 2016 | 01:00 WIB
Olga Lydia mengaku senang menyaksikan teater hingga luar negeri. (nova.id)

TABLOIDNOVA.COM – Sebagai pemain teater, Olga Lydia ternyata sering sekali mencari referensi pertunjukan teater setiap kali berkunjung ke luar negeri. Tak hanya Singapura, ia pernah menonton konser di Broadway, Amerika hingga di Australia. Walau sering, ia suka teater hanya sebatas penikmat saja.

“Biasanya, saya mengecek lagi main apa di teater di kota yang saya kunjungi.  Jadi, begitu ada kesempatan, saya usahakan menonton.  Sebagai pekerja panggung, saya merasa seperti ada transfer energi saat menonton. Energinya beda dengan film. Ada keunggulannya masing-masing. Kalau di film, kita bisa merasakan kehebatan syuting bisa di berbagai macam tempat. Sedangkan teater, kita bisa melihat ketelitian yang luar biasa lewat pertunjukan langsung. Selain itu, kita tahu kalau pertunjukan teater hanya di satu lokasi tetapi setting panggung bisa ditampilkan. Butuh pekerjaan yang sangat detail untuk set panggung. Proses itu rasanya luar biasa setiap kali kita menonton teater. Enerji dari penampil teater itu kita kerasa banget,” terang model aktris 39 tahun itu.

BACA: Ini yang Bikin Olga Lydia Stres

Berhubung cukup sering menonton teater, aktris kelahiran Jakarta ini punya beberapa kriteria yang menentukan produksi teater yang ia tonton itu bagus atau tidak. Banyak aspek dari teater yang membantu dirinya menilai.

“Yang pertama adalah dari segi cerita. Apakah cerita itu menarik atau tidak ditontonnya? Kedua, bagaimana tim ini menerjemahkan satu cerita menjadi satu karya teater yang baik. Ketiga adalah dilihat dari aktor dan aktris yang terlibat dalam drama. Apa mereka punya akting yang bagus. Selain itu juga aspek teater lagi seperti musik bisa mendukung juga tidak? Art mereka luar biasa, memanjakan mata kita dengan keindahan yang kadang tidak terbayangkan sebelumnya. Sudah seperti science! Memanipulasi apa yang kita lihat dan mengembangkan imajinasi kita. Gila banget!” tambahnya.

BACA: Olga Lydia: "Asal Bersih, Enggak Masalah!"

Itu sebabnya Olga merasa sangat senang mengetahui pertunjukan teater kini semakin banyak. Ia berharap dengan pertunjukan teater yang semakin banyak di sini, makin banyak juga orang yang bisa mengapresiasi teater dan bahkan melahirkan banyak pekerja produksi teater di sini.

“Kalau sekarang kan teater mungkin bisa dinikmati oleh orang Jakarta dan sekitarnya. Ya, mudah-mudahan ke depannya, teater juga bukan hanya hiburan orang-orang di kota besar tapi juga bisa di berbagai pelosok Indonesia.”

Syanne/Tabloidnova.com