Normalkah Jika Tiba-tiba Aroma Vagina Berubah Amis?

By nova.id, Jumat, 22 April 2016 | 03:30 WIB
Normalkah Jika Tiba-tiba Aroma Vagina Berubah Amis? (nova.id)

Kondisi kimiawi dalam tubuh masing-masing perempuan ternyata mempengaruhi aroma vagina. Bau vagina yang berbeda antara satu dengan yang lainnya bisa saja terjadi.

Selain itu, aroma vagina juga tidak ditentukan apakah ia sosok perempuan yang cantik atau bukan. Pola hidup dan kebersihan menjadi salah satu faktornya

Bahkan, ada beberapa perempuan yang mengeluhkan memiliki aroma organ intim yang begitu kuat dan tidak sedap sehingga menurunkan kepercayaan diri.

Baca: Terungkap! 5 Bentuk Vagina yang Disukai Para Pria

Sebenarnya apa yang terjadi, apakah aroma vagina yang tidak sedap berarti terjadi kelainan ?

“Vagina memang memiliki aroma signifikan. Anda jangan berharap vagina menebarkan aroma bunga mawar,” jelas Dr. Raj soal perubahan aroma vagina menjadi amis.

Baca: 7 Penyebab Vagina Gatal dan Cara Tepat Tanggulanginya

Kondisi aroma vagina semakin kurang sedap menjelang menstruasi. Pasalnya, tubuh perempuan sedang mengalami masa paling hormonal sehingga menimbulkan efek samping yang variatif pada setiap perempuan.

“Jika vagina menimbulkan bau amis yang terlalu kuat dan tidak seperti biasanya, bisa jadi ada infeksi di organ intim Anda. Segera periksakan diri ke dokter,” tegasnya.

Baca: 6 Langkah Vagina Sehat Terawat

Untuk sementara waktu, Dr Raj menyarankan, hindari membersihkan vagina dengan sabun atau cairan pembersih vagina lainnya.

Sebab, bisa jadi, infeksi semakin buruk sehingga mengacaukan keseimbangan pH (derajat keasaman) vagina Anda.

Lusina/KompasFemale Sumber: Glamour