Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

By nova.id, Jumat, 28 April 2017 | 07:30 WIB
Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis (nova.id)

Saat ini kebutuhan paket data internet sangatlah penting. Percuma saja bila Anda memiliki merek dan seri gadget terbaru dan tercanggih, namun tidak dilengkapi kuota internet yang mumpuni dan tentunya cepat alias tidak lemot. Beruntung kalau di lokasi sekitar Anda menyediakan jaringan wi-fi gratis, tapi bagaimana jika tidak?

Sayangnya, karena saking aktif dan eksisnya di dunia media sosial, kita pun acapkali memakai paket data terlalu berlebihan. Sehingga seharusnya kuota internet yang dibeli untuk pemakaian jangka waktu sebulan, ini malah habis dalam dua minggu saja.

Agar kantong pun tidak jebol, berikut cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis:

Atur aplikasi yang menggunakan paket data Untuk ponsel iPhone, kita bisa mengaturnya melalui menu  Settings dan Cellular. Kita bisa melihat aplikasi apa saja yang menggunakan paket data, dari sana kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan paket data, atau hanya bisa menggunakan Wi-Fi saja.

Sementara untuk ponsel Android, buka menu Settings dan pilih Data Usage untuk melakukan hal yang sama, bedanya di Android, kita bisa mengatur limit data yang bisa digunakan oleh suatu aplikasi.

Beberapa aplikasi streaming, seperti Spotify atau Youtube juga memungkinkan anda untuk mengatur kualitasnya, jika sedang menggunakan paket data, turunkan kualitas streamingnya untuk menghemat penggunaan paket data.

Baca: Lengkap! 5 Tips Menghemat Kuota Internet di Handphone Anda

Jangan menggunakan video call Walaupun menyenangkan, video call menggunakan banyak paket data.

Gunakan fitur “data saver” di Google Chrome Tips ini hanya berlaku untuk pengguna Google Chrome di Android, tapi dengan menggunakan fitur ini, bandwidth yang digunakan untuk membuka sebuah situs akan dikurangi, yang berarti penggunaan paket data juga akan berkurang.

Baca: Tak Diduga, Ini 15 Aplikasi Paling Sering Digunakan Orang Indonesia!

Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi sosial media Terutama aplikasi yang banyak menggunakan video dan foto seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat. Mengunggah foto dan video ke sosial media juga akan menghabiskan banyak paket data.

Jangan terlalu sering memainkan game online Beberapa game online menggunakan banyak paket data untuk mengunggah dan mengunduh informasi. Bukan hanya paket data, game online juga menghabiskan baterai dengan cepat.

Agra Winona/intisari-online.com Sumber: HuffingtonPost