7 Penyebab Tak Terduga Rambut Cepat Beruban di Usia Muda

By nova.id, Rabu, 27 April 2016 | 07:00 WIB
7 Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda yang Tak Terduga (nova.id)

Walaupun tren grey hair alias rambut yang dihighlight dengan warna abu tengah menjadi tren. Namun, tetap saja banyak orang yang tidak akan suka jika rambut aslinya mudah berubah alias menua karena kondisi alamiah.

Lucunya, perubahan warna rambut sekarang ini tidak melulu dikarenakan pertambahan usia. Tapi, ada 7 penyebab rambut cepat beruban di usia muda yang tidak terduga. Jadi sebelum Anda dikira sudah tua, ada baiknya menghindari 7 penyebab rambut cepat beruban di usia muda berikut ini.

Kekurangan vitamin B12 secara berkepanjangan Kekurangan vitamin B12 khususnya akan menyebabkan rambut menjadi abu-abu secara prematur. Jadi, pastikan asupan makanan yang cukup dengan kandungan vitamin B12.

Kebiasaan makan yang buruk Tidak mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi menjadikan pola asupan yang tidak seimbang bagi kesehatan, termasuk rambut. Kebiasaan makan yang buruk yang akan memengaruhi berbagai penyakit, termasuk berdampak negatif untuk kulit, rambut, dan gigi.

Baca: Benarkah Mencabut Uban Membuatnya Tumbuh Lebih Banyak?

Rusaknya kelenjar tiroid Kelenjar tiroid yang rusak akan menyebabkan masalah pada produksi hormon tiroid yang berkontribusi pada rambut beruban secara prematur. Jadi, pastikan melihat gejala-gejala yang ada dan menjaga kelenjar tiroid.

Masalah pada kelenjar pituitari Terkadanag kelenjar tiroid mengalami kerusakan karena adanya masalah pada kelenjar pituitary atau hipofisis. Secara tidak langsung, kelenjar ini yang juga memberi kontribusi pada rambut beruban prematur.

Baca: Hati-hati, Rambut Beruban Bisa Dialami Wanita Sejak Usia Dini

Penggunaan produk rambut yang berlebihan Bagi Anda yang suka menggunakan produk perawatan rambut yang berlebihan, berhati-hati. Hal ini dapat menjadikan rambut beruban. Produk yang dimaksud termasuk pada penggunaan pewarna rambut, produk bleaching, sampo dan kondisioner. Jadi usahakan untuk menggunakan produk dari bahan alami untuk rambut.

Polusi Banyak dari kita yang sudah tahu bahwa pencemaran lingkungan dapat merusak kulit kita, namun mungkin kita tidak tahu bahwa sebenarnya itu juga berdampak buruk bagi rambut. Radikal bebas pada polusi dapat berbahaya bagi kulit dan juga rambut.

Baca: Bahayakah Rambut Rontok 100 Helai per Hari?

Penggunaan produk pemutih gigi Ternyata pemutih gigi juga berpengaruh pada rambut beruban prematur. Penggunaan produk pemutih gigi yang berlebihan akan meningkatkan tingkat hidrogen peroksida tubuh yang memiliki efek buruk pada enzim dan menjadikan warna rambut berubah abu-abu. Sebaiknya konsultasikan pada dokter gigi terkait penggunaan produk untuk menghindari efek samping yang ada.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen