AirAsia Runway Ready Designer Search (AARRDS) adalah ajang pencarian bakat-bakat baru di industri mode yang telah memasuki tahun kedua. Beberapa waktu lalu, 3 perancang busana muda berbakat telah dipilih untuk mewakili Indonesia. Mereka akan berlaga di grand final yang diadakan di Kuala Lumpur pada bulan Agustus mendatang.
Adalah Sarah Devina Susanto dari Raffles Institute, Imme Kristiani dari LPTB Susan Budihardjo dan Hanifia Rahmadiani dari Raffles Institute, yang telah melalui dua tahapan penjurian. Mereka dipilih berdasarkan kreativitas dan orisinalitas rancangan, konsistensi dalam keseluruhan koleksi, kesesuaian dengan tema yang ditentukan, kepraktisan koleksi dan presentasi di hadapan dewan juri yakni perancang busana terkemuka Ghea Panggabean, pemimpin redaksi Elle Indonesia, K. Nina Adelia, Founder of Kuala Lumpur Fashion Week, Andrew Tan dan Vivy Yusof, pemilik situs fashion e-commerce ternama Fashion Valet, serta Head of Sales and Distribution AirAsia Indonesia Adelheid Helena Bokau.
Tiga finalis teratas ini dipilih dari ratusan desainer muda yang mendaftar audisi AARRDS di Jakarta. Setelah di Jakarta, audisi akan berlanjut di Manila, Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok. Hal itu sebagai bentuk komitmen AirAsia yang berfokus untuk berbagi inspirasi di bidang entrepeneurship, tourism, environment.
Dalam ajang ini, Head of Sales and Distribution AirAsia Indonesia, Adelheid Helena Bokau mengatakan, “Kami sangat bersemangat menyaksikan begitu banyak desainer muda berbakat pada audisi hari ini punya semangat yang sama dengan AirAsia untuk selalu berbagi inspirasi. Kami berharap ajang ini akan semakin mendorong potensi kewirausahaan mereka sehingga mampu menggairahkan industri mode di Asean khususnya Indonesia.”
Ketiga finalis terpilih pun berkesempatan menampilkan karyanya pada runway Kuala Lumpur Fashion Week Ready to Wear (KLFW RTW) dan berkompetisi untuk meraih gelar AirAsia’s Most Promising Designer 2016, serta memenangkan hadiah senilai total Rp 1 Milyar (RM350,000) berupa kesempatan untuk menampilkan keseluruhan koleksinya pada KLFW RTW 2017, dibimbing oleh tim KLFW RTW; sponsor sebesar lebih dari Rp 83 juta (RM 25,000) dari FashionValet untuk memproduksi capsule collection dan menjual produknya pada fashionvalet.com; 150,000 AirAsia BIG Points, tiket penerbangan dengan AirAsia atau AirAsia X, dan juga hadiah-hadiah menarik lainnya.
Ade Ryani Foto: Dok. AirAsia