Cara Tepat Merawat Bayi yang Terlahir Prematur

By Dimas Bagus, Jumat, 29 April 2016 | 06:30 WIB
Cara Tepat Merawat Bayi yang Terlahir Prematur (Dimas Bagus)

Begitu banyak alasan yang menyebabkan bayi lahir secara prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum 37 minggu di masa kehamilan. Dikarenakan kondisi tidak sepenuhnya sudah siap hidup di dunia, maka bayi prematur memerlukan perawatan khusus.

Sebab, beberapa organ tubuh mereka belum sepenuhnya berfungsi dengan baik, seperti paru-paru dan sistem pencernaan. Lalu, bagaimana cara merawat bayi yang terlahir prematur?

Hal pertama yang membuat bayi kaget saat lahir ke dunia adalah perbedaan suhu. Selama 9 bulan, bayi berada di dalam kandungan dan merasa sangat aman di dalamnya. Ketika ia lahir ke dunia, ia merasa sensasi yang sangat berbeda dengan kondisi yang telanjang.

Jadi, perawatan bayi yang baru lahir prematur harus ditempatkan di dalam inkubator. Mereka perlu berada dalam iklim atau suhu yang hangat. Bayi tidak bisa tinggal dalam udara yang terlalu kering.

Baca: Diteliti, Peran Penting Doping Untuk Bantu Otak Bayi Prematur

Makanan menjadi hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan pada bayi prematur. Beberapa bayi masih sulit untuk makan, sehingga hanya dari rumah sakit yang bisa melakukannya.

Jadi, bagi ibu bayi, setiap dua jam sekali biarkan ASI keluar dan disimpan lebih dulu dalam botol. Bayi tetap harus mendapatkan ASI karena ini akan menjaga sistem kekebalan tubuh mereka dan melindungi mereka dari berbagai penyakit.

Baca: Perjuangan Berat Little Merawat Bayi Prematur

Itu dia bagaimana merawat bayi yang terlahir prematur. Merawat bayi prematur membutuhkan kesabaran dan keberanian. Jangan lupa untuk bekerja sama dengan dokter agar bayi tumbuh dengan tepat dan terhindar dari berbagai masalah yang memungkinkan.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen