Begini Tips Aman Gunakan Internet Banking

By nova.id, Selasa, 3 Mei 2016 | 04:30 WIB
Begini Tips Aman Gunakan Internet Banking (nova.id)

Kemudahan fasilitas bertransaksi perbankan lewat internet kini menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain faktor kebutuhan, alasan kepraktisan pun dianggap menjadi latar belakang mengapa internet banking lebih dipilih sebagian besar orang karena dinilai lebih efektif.

Namun, internet banking juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan. Selain soal ketersediaan jaringan internet dan paket data, begini tips aman gunakan internet banking yang wajib Anda ketahui.

Baca: Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Mengubah password setiap beberapa bulan sekali Mengubah password internet banking secara rutin setiap beberapa bulan sekali akan membuat lebih aman dan mengurangi kemungkinan pencurian online atau tindakan hacking. Hindari menyimpan password di tempat yang mudah diketahui orang lain.

Jangan lupa sign out Jika kita mengakses internet banking melalui komputer umum atau miliki orang lain, pastikan untuk me-sign-out dan menghapus history yang ada. Usahakan untuk menggunakan komputer atau gadget pribadi untuk mengakses internet banking.

Baca: Mencari Teman Kencan di Internet? Pertimbangkan Ini Agar Tak Terjebak

Baca email dari bank dengan teliti Email apapun dari bank harus dibaca dengan teliti dan cermat. Ini akan membantu kita untuk memastikan bahwa kita tidak menanggapi email dari sumber lain yang tidak berhubungan dengan bank.

Waspada dengan pishing email Email ini terlihat mirip dengan yang dikirimkan oleh bank, namun kita harus lebih berhati-hati apalagi mengenai rincian yang sensitif. Kita harus menyadari hal ini dan segera menghubungi bank jika kita merasa melakukan kesalahan pada internet banking kita.

Baca: Mudah dan Murah, Begini Cara Nikmati Me-Time di Rumah

Jangan mengunduh e-statement dari komputer lain dan meninggalkannya Untuk men-download segala hal yang terkait internet banking, sebaiknya menggunakan gadget pribadi. Jika dalam keadaan darurat yang terpaksa dilakukan melalui perangkat miliki orang lain, segeralah menghapus file hingga bersih setelah men-download.

Jangan memberitahu informasi akun ke sembarang orang Kita harus menjaga rahasia tentang informasi akun internet banking kita ke orang lain. Selain username dan password, nomor rekening juga perlu dijaga dengan benar. Jangan memberitahu informasi ini ke pada siapapun, terkecuali beberapa anggota keluarga inti yang memerlukan.

Semoga tips aman gunakan internet banking di atas bermanfaat untuk Anda.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen