Tips Membeli Berlian Kualitas Terbaik Untuk Koleksi Investasi

By nova.id, Sabtu, 7 Mei 2016 | 03:30 WIB
Tips Membeli Berlian Kualitas Terbaik Untuk Koleksi Investasi (nova.id)

Karena bernilai tinggi, berlian juga dilirik sebagai instrumen investasi. Namun, penting mengetahui empat hal utama sebelum membeli berlian. Dengan demikian, Anda tak akan rugi saat berinvestasi.

Berlian terdiri dari berbagai bentuk, yaitu bundar, oval, pir, marguize, emerald, heart, shape, dan princess cut. Yang termahal dan tertinggi nilainya adalah bentuk bundar, sebab memiliki irisan paling rumit sehingga mampu memancarkan kilauan yang paling sempurna. Berikut tips memilih berlian kualitas terbaik untuk koleksi investasi :

Clarity (kejernihan). Semakin jernih sebuah berlian, semakin tinggi nilainya. Kejernihan pada berlian diukur berdasarkan jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran pencemar, warna pencemar, dan jenis minerap pencemar.

Skala kejernihan berlian menurut GIA (The Gemological Institute of America) sangat beragam, mulai dari flawless (tanpa noda) hingga very small.

Baca: 10 Galeri Cincin Berlian Mewah nan Cantik

Color (warna). Semakin bening suatu berlian, semakin tinggi nilainya.

Cut (potongan). Keindahan cahaya sebuah berlian terletak pada potongannya. Jadi, Anda harus berhati-hati memotong berlian. Berlian dengan potonga baik memberi kilau cemerlang. Sementara berlian yang salah potong akan terlihat kusam dan tidak dapat merefleksikan cahaya kembali di bagian atas berlian.

Baca: Pakai Berlian Rp5 Miliar, Syahrini: Nanti Bikin Takut Cowok

Carat (karat). Ini menunjukkan berat sebuah berlian. Satu karat setara dengan 0,2 gram. Namun, berlian dengan karat besar belum tentu baik karena diukur dari kriteria kejernihan, warna, dan potongannya juga.  

Ita Adnan/TabloidNOVA Dari berbagai sumber