Alasan Kenapa Perempuan Identik dengan Warna Pink

By nova.id, Senin, 9 Mei 2016 | 09:15 WIB
Alasan Kenapa Perempuan Identik dengan Warna Pink (nova.id)

Berbagai merek yang lekat dengan dunia perempuan acapkali dipresentasikan dalam palet warna merah muda alias pink. Sebut saja label ternama dunia seperti Victoria Secret atau sosok Elle Wood yang diperankan aktris Hollywood, Reese Witherspoon dalam film terkenal, Legally Blonde.

Namun, apa alasan perempuan identik dengan warna pink? Sedangkan, kaum pria identik dengan warna biru?

Apakah karena tradisi atau sekedar stigma semata?

Ternyata, sejarah mengatakan jika hal tersebut bukanlah tradisi. Di tahun 1927, majalah Time melakukan survei terhadap pusat belanja terkemuka di Amerika Serikat untuk mengetahui korelasi warna dan jender.

Baca: Rahasia Pulasan Lipstik Warna Pink yang Sempurna Dari Pakar

Hasil yang mereka temukan menyatakan bahwa tidak ada warna yang jelas menentukan sebuah jender. Edisi Juni 1918 majalah profesional Earnshaw’s Infant Department juga menyarankan agar anak perempuan memakai warna biru yang dianggap lebih halus, sedangkan anak laki-laki sebaiknya memakai warna merah muda karena terkesan lebih kuat.

Lalu, setelah perang dunia ke-II, barulah warna pink mendapatkan asosiasi simboliknya, yakni ketika Dwight Eisenhower dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat, sang ibu negara Mamie Eisenhower tampil dengan gaun pesta bertatahkan rhinestone dan berwarna merah muda.

Baca: Pink, Fuchsia, dan Merah 'Banjiri' Gaya Jalanan Paris Fashion Week 2015

Momen ini menjadi sangat penting karena semasa perang banyak wanita hanya memakai busana yang simpel dan praktis.

Mamie yang merupakan penggemar warna merah muda juga sering tampil di berbagai acara kenegaraan dalam balutan warna tersebut. Surat kabar yang beredar juga mulai  menyebutnya sebagai “Mamie Pink”.

Sedikit demi sedikit, merah mudah pun menjadi warna yang dikenakan oleh perempuan elegan. Namun, belum mejadi simbol perempuan secara umum hingga akhirnya film Funny Face yang dibintangi Audrey Hepburn dirilis ke pasaran pada tahun 1957.