Ungkapan Istri Pria Homoseksual: “Dia Tidak Ingin Menyentuh atau Berdekatan Denganku…”

By nova.id, Selasa, 10 Mei 2016 | 08:13 WIB
Fenomena Tongqi, istri-istri di China yang menikah dengan pria homoseksual (nova.id)

Fenomena Tongqi di China mulai terkuak. Tongqi adalah para istri dari pria homoseksual, yang sebagian besar justru tak mengetahui orientasi seksual pasangan yang sebenarnya ketika mereka menikah.

Fei Yan (41) adalah satu dari belasan juta perempuan di China yang memiliki nasib tidak beruntung menikah dengan pria homoseksual. Pernikahan ini, menyebabkan dirinya mengalami gangguan emosional selama bertahun-tahun.

“Sebelum dia (suami Fei) mengaku padaku, aku sama sekali tidak tahu apa yang terjadi di antara kita,” jelas Fei.

Fei dan suami menjalani pernikahan pada umumnya sebagai pasangan suami istri. Mereka memiliki dua anak, pekerjaan yang bagus, dan kehidupan menengah yang serba cukup.

“Namun, saat kami hanya berdua, dia tidak ingin menyentuh atau berdekatan denganku. Aku sampai berpikir ada yang salah dengan diriku. Perasaan bersalah itu terus mengikutiku selama bertahun-tahun menikah dengannya,” urainya.

Salah satu pakar perilaku seksual, Zhang Beichuan, merilis data bahwa jutaan wanita di China terperangkap menikah dengan pria homoseksual.

Dalam sebuah wawancara dengan China Daily, pensiunan profesor dari Qingdao University dan peneliti tersebut mengatakan, “Setidaknya ada 14 juta wanita heteroseksual di China terjebak dan pernah terjebak dalam pernikahan palsu dengan pria homoseksual.”

BACA: Tak Melahirkan Anak Laki-Laki, Sajida Disiksa Suami Selama 13 Tahun!

Tekanan sosial soal pernikahan dalam budaya China yang sangat tinggi, kata Zhang, telah menciptakan fenomena Tongqi.

“Kurangnya edukasi seks di sekolah menengah telah berkontribusi pada tragedi Tongqi. Selain itu, perilaku buruk dan kasar lingkungan sosial pada pria homoseksual juga pemicu lahirnya fenomena ini,” jelas Zhang.

Stigma sosial pada pelaku homoseksual di China, membuat para pria gay menahan hasrat dan menyembunyikan orientasi seksual mereka yang sesungguhnya.

Alhasil, banyak pria homoseksual yang menjalani hubungan dengan wanita sebagai alibi untuk menghindari penolakkan.

Studi yang dilakukan Zhang menunjukkan bahwa 80 persen dari 20 juta pria homoseksual di China mengaku bahwa mereka tengah menikah dan pernah menikah dengan wanita heteroseksual.