Diduga Pencurian Organ Tubuh Manusia Terjadi di RSUD Panembahan Senopati

By nova.id, Kamis, 19 Mei 2016 | 05:31 WIB
. (nova.id)

Tabloidnova.com - Dugaan kasus pencurian organ tubuh manusia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul kini beredar

Kasus dugaan pencurian organ/jaringan tubuh ini sudah dilaporkan oleh pihak Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan Semesta dan LHMI Lembaga Hukum Mahasiswa Islam.

"Kami mendapat aduan dari warga terkait dengan dugaan pencurian organ/jaringan tubuh manusia ini. Sudah kami laporkan pada pihak kepolisian baik di Polres Bantul maupun di Polda DIY," ujar Retno Susanti dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan Semesta dan LHMI Lembaga Hukum Mahasiswa Islam, Rabu (18/5/2016) sore.

Retno menjelaskan, pihaknya telah memiliki bukti-bukti terkait dengan adanya dugaan pencurian organ atau jaringan tubuh manusia ini. Dia juga menjelaskan, hal ini sudah dilaporkan pada pihak RSUD setempat.

"Namun, dari pihak RSUD menyangkal hal ini," katanya.

Baca juga: Penjualan Bayi untuk Diambil Organ Tubuhnya?

Meski belum memberikan keterangan secara detail mengenai hal ini, namun Retno mengatakan, jika modus untuk melakukan pencurian itu sangat rapi. Hal ini lantaran adanya indikasi pemotongan tubuh yang cukup rapi.

"Dimungkinkan pakai pisau," ucapnya.

Pihaknya juga telah membuka posko aduan terkait dengan persoalan ini.

Agung Ismiyanto / Tribun Jogja