Sering Pusing? Ini 4 Camilan Ringan Pereda Sakit Kepala

By nova.id, Kamis, 19 Mei 2016 | 05:00 WIB
Sering Pusing? Ini 4 Camilan Ringan Pereda Sakit Kepala (nova.id)

Tak mengenal waktu, nyeri kepala memang bisa menyerang Anda kapan saja dan dimana saja. Mirisnya, ketika kepala terasa sakit, maka aktivitas Anda bisa terganggu. Penyebab sakit kepala tentu saja bisa beragam. Selain mengonsumsi obat sakit kepala sesuai anjuran dokter, ternyata ada 4 camilan ringan pereda sakit kepala. Jadi, saat Anda sering pusing, cobalah mengonsumsi 4 camilan ringan pereda sakit kepala.

Baca: Waspadai Jenis Sakit Kepala Sesuai Tingkatannya

Kentang panggang Menurut Erin Palinski, RD, ahli diet New Jersey, kentang panggang dapat menjadi camilan pereda sakit kepala yang kita alami. Khususnya, sakit kepala yang disebabkan dengan alkohol karena dehidrasi dan hilangnya elektrolit, seperti kalium.

Jadi, dengan mengonsumsi makanan kaya kalium, sakit kepala dapat berangsur-angsur pulih. Nah, kalium itu banyak terkandung dalam kentang panggang (beserta kulitnya). Bila pisang mengandung 467 mg kalium, kentang pangging jauh lebih tinggi. Ia menyediakan 721 mg kalium bagi tubuh kita.  

Baca: Pusing atau Nyeri Kepala? Kenali Gejala dan Bahayanya Mulai Sekarang

Semangka Dehidrasi merupakan penyebab utama sakit kepala. Menurut Stella Metsovas, BS, CN, ahli nutrisi di Laguna Beach, California, menongsumsi obat bukan satu-satunya hal yang bisa meredakan sakit kepala. Kita juga bisa mengonsumsi makanan kaya air, seperti semangka.

Air alami yang terkandung dalam buah-buah dan sayur-sayuran mengandung mineral penting. Contohnya, seperti magnesium yang penting untuk mencegah sakit kepala. Nah, untuk meredakan sakit kepala, kita bisa mencoba jus semangka yang dikombinasikan dengan yogurt polos.

Baca: Sering Sakit Kepala? Hindari 4 Makanan Penyebab Sakit Kepala Ini

Kopi Ternyata kopi juga bisa membantu untuk meredakan sakit kepala. Contohnya sakit kepala yang disebabkan oleh alkohol. Konsumsi alkohol berlebih akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah dan membuat kepala terasa sakit. Nah, kafein yang terkandung di dalam kopi, dapat membantu mengurangi ukuran pembuluh darah dan meringankan sakit kepala.

Satu cangkir kopi dapat membantu kita untuk meredakan sakit kepala yang terkait dengan mabuk.Tapi perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuat keadaan menjadi lebih buruk. Minum kopi sepanjang hari, bukanlah pilihan terbaik untuk menyembuhkan sakit kepala.

Baca: 4 Jenis Sakit Kepala dan Obat Terbaik untuk Meredakannya

Roti gandum Bagi Anda yang menjalani diet karbohidrat, perlu berhati-hati. Terlalu sedikit karbohidrat bisa menyebabkan sakit kepala. Menurut Palinski, hal itu disebabkan oleh berkurangnya glikogen, yang merupakan sumber energi untuk otak kita.  Solusinya, kita bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi karbohidrat sehat. Seperti yang ditemukan pada roti gandum, oatmeal, buah, atau yogurt.

Selain itu, karbohidrat sehat juga dapat meningkatkan suasana hati kita. Alasannya, ia membantu tubuh melepaskan hormon serotonin (hormon yang terkait dengan rasa senang).

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Womansday