Lakukan Gerakan Ini Dengan Tenang untuk Kurangi Sakit Kepala Anda

By , Selasa, 24 Mei 2016 | 05:45 WIB
Bridge Lock, pose yoga untuk kurangi sakit kepala (Nova)

Sakit kepala memang mengganggu. Selain aktivitas yang menjadi dibatasi, Anda pun merasa khawatir bila terus mengonsumsi obat pereda sakit.

Dalam yoga, ada gerakan yang bisa mengurangi sakit kepala tanpa efek samping. Gerakan ini dinamakan Bridge Pose, atau juga dikenal sebagai Setu Bandha Sarvangasana.

Bridge Lock, pose yoga untuk kurangi sakit kepala (Nova)

Bila Anda merasa sakit kepala selama beberapa tahun terakhir yang hilang timbul atau Anda baru saja didiagnosis menderita migrain, Anda bisa mencoba gerakan locked bridge ini.

BACA: 4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Terbaik Menyembuhkannya

Saat melakukan gerakan pose locked bridge, Anda akan membentuk lengan dan kaki hingga menyerupai jembatan. Selain membuat sakit kepala membaik, gerakan ini juga bisa dijadikan terapi untuk pemilik tekanan darah tinggi, kelelahan, insomnia, atau depresi ringan.

Tapi ingat, gerakan ini tak disarankan untuk ibu hamil dan pasien spondilitis, ya.

Nah, bagaimana cara melakukan Setu Bandha Sarvangasana alias The Bridge Pose? Seperti dilansir BOLDSKY, ini langkah-langkah yang Anda lakukan:

1. Berbaring lurus di matras dengan bertumpu pada punggung dan tekuk lutut Anda. Kaki jangan mengenai pinggul Anda, berikan jarak di antara keduanya.

2. Tarik bahu Anda ke arah dalam dan raih tangan Anda hingga kaki. Telapak tangan menghadap lantai.

3. Tarik napas dan angkat pinggul Anda sedikit, sambil mengangkat tulang dada mendekati dagu. Tapi bukan dengan didorong, Anda cukup memanjangkan bagian leher belakang. Sebaiknya, jangan mendorong terlalu banyak ke lantai, cukup regangkan leher Anda.

BACA: Sering Sakit Kepala? Hindari Makanan Pemicu Sakit Kepala Ini

4. Kunci jari-jari ke lantai, tepatnya di bawah punggung. Ini akan membantu dalam menggulirkan tulang belikat.

5. Ambil napas dalam-dalam, buat otot-otot wajah dan rahang Anda rileks. Kembali ke posisi berbaring saat mengembuskan napas.