Pro atau Kontra? Riset Sebut Ibu yang Aktif di Media Sosial Lebih Mudah Depresi!

By nova.id, Senin, 30 Mei 2016 | 04:15 WIB
Beban ibu di era media sosial, apakah Anda mengalaminya? (nova.id)

Maraknya media sosial membuat seorang ibu pun terbiasa mengunggah foto-foto bayinya di Facebook atau Instagram. Namun, ada beberapa ibu yang bisa dibilang terlalu aktif di media sosial.

Bila Anda termasuk dalam kategori ibu yang terlalu aktif di media sosial, sebaiknya Anda mulai berhati-hati.

Sebuah studi yang baru saja dipublikasikan dalam jurnal Sex Roles menemukan bahwa ibu muda yang aktif di media sosial lebih sering depresi dibandingkan ibu muda yang jarang mengunggah.

Studi ini mengatakan bahwa Facebook memberi wanita wadah baru untuk melakukan peran ibu secara online dan menerima respons atas kinerja mereka.

Di lain sisi, mereka juga mengatakan bahwa Facebook memiliki potensi untuk menghambat kesehatan seorang ibu, terutama ibu muda yang baru mulai merawat bayi. Bulan-bulan awal tersebut dikenal sebagai masa tersulit sebagai orangtua.

BACA: Menyiasati Beban Menjadi Ibu di Era Media Sosial

Riset ini mempelajari 127 ibu muda dari Midwestern United States. Para peneliti dari Ohio State University menyurvei wanita-wanita tersebut mengenai identitas mereka sebagai seorang ibu dan ekspresi identitas tersebut di Facebook.

Para peneliti menemukan bahwa seorang ibu yang membutuhkan “validasi dari luar” dan percaya bahwa “masyarakat memberi mereka standar yang berlebih sebagai orangtua” akan lebih sering mengunggah postingan di Facebook.

Mereka juga menyimpulkan bahwa ibu yang lebih mencari validasi eksternal untuk identitas mereka sebagai seorang ibu dan bersikap perfeksionis mengenai peran mereka sebagai orangtua, lebih sering menunjukkan tanda-tanda depresi melalui aktivitas Facebook yang berlebihan.

BACA: Benarkah Ibu Muda Lebih Kompetitif dengan Sesamanya?

Hmm, apakah Anda termasuk yang setuju atau tidak setuju pada hasil riset ini? Jangan ragu suarakan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

Sumber: Kompas Female