4 Dampak Paling Nyata Gadget pada Hidup Anda

By , Rabu, 8 Juni 2016 | 03:30 WIB
4 Dampak Paling Nyata Gadget pada Tubuh Kita (Nova)

Sadar atau tidak, gadget kini menjadi prioritas dan barang kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat modern, terutama mereka yang tinggal di perkotaan.

Lepas dari gadget sebentar saja acapkali membuat sebagian orang khawatir, bingung dan sebagainya. Tak jarang banyak orang yang lebih rela ketinggalan bekal sarapan dan dompetnya ketimbang ketinggalan gadget atau smartphone miliknya. Ini merupakan fenomena miris dari dampak gadget pada hidup manusia salah satunya.

Serangkaian studi terbaru menunjukkan apa yang benar-benar dilakukan smartphone terhadap tubuh dan otak kita, salah satunya adalah bahwa smartphone memiliki efek serius terhadap kesehatan kita.

“Jika Anda melihat ponsel pintar Anda sekarang sama artinya dengan tulang belakang sedang menahan beban bocah delapan tahun yang duduk di atas leher kita,” tulis AsapSCIENCE dalam video yang ditayangkan di YouTube.

Yang lebih mengkhawatirkan, kita rata-rata menghabiskan waktu 4,7 jam per hari memandangi ponsel kita. Sebagian kita, menghabiskan sepertiga dari waktu terjaga kita untuk memandangai ponsel--dan yang membahayakan, sebagian kita tidak menyadari hal tersebut. Sebuah studi di Inggris menunjukkan, rata-rata kita mengecek ponsel 85 kali, dengan estimasi waktu sekitar 5 jam dalam sehari.

Baca: Waspada, Gadget Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara

Smartphone menyebabkan kecanduan “Sangan sulit untuk menjauhkan smartphone dari kita. Otak kita dirancang untuk mencari hal-hal yang sangat baru—90% orang berusia 18-25 menggunakan ponsel untuk menghilangkan kebosanan. Lebih kejam, sebagian orang menyebut ponsel serupa kokain.

Prof. Ofir Turel dari California State University, Fullerton, mengatakan bahwa hampir 11% orang-orang di negara-negara Barat diduga kecanduan teknologi, kecanduan smartphone.

Smartphone membuat Anda tertekan Orang-orang yang menggunakan smartphone lebih berpotensi depresi—terlepas apakah mereka menggunakan untuk pekerjaan atau hanya untuk bersosialisasi di media sosial. Sebuah studi dari Northwestern University menemukan, rata-rata, orang yang depresi menggunakan ponsel tiga kali lebih banyak dibanding mereka yang tak depresi.

Baca: Ikuti 9 Aturan Main Gadget Ini Agar Mata Tetap Sehat

Smartphone mengancam waktu tidur dan istirahat Anda Cahaya biru dari layar smartphone sangat menganggu siklus tidur kita. Para peneliti dari Harvard menemukan, cahaya biru bisa mengubah jadwal tidur kita tiga jam lebih lambat—dan penelitian lain menunjukkan, cahaya biru membuat orang tidak mendapatkan tidur REM-nya.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan Qualcomm yang melibatkan 4.700 orang menemukan, satu dari empat pengguna mengatakan bahwa tidur mereka terganggu oleh teknologi.

Baca: ‘Puasa’ Bermain Gadget Bikin Rumah Tangga Lebih Harmonis

Smartphone merusak kreativitas Anda Menggunakan smartphone secara berlebihan bisa menyebabkan kemerosotan dalam berkreativitas, kata para peneliti Bournemouth University—selain menyebabkan kemerosotan kesehatan. Mereka menemukan, 24% remaja berusia 13-17 yang terus-menerus online, berperilaku laiknya orang yang sedang kecanduan.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan (ponsel) yang berlebihan berhubungan perilaku yang tak diinginkan, seperti pengurangan kreativitas, depresi, dan putus dari realitas sosial,” ujar Dr Raian Ali dari Bournemouth University.

Moh. Habib Asyhad/intisari-online.com Sumber: Metro UK