Coba 5 Trik Pintar Agar Gampang Bangun Saat Sahur

By , Kamis, 9 Juni 2016 | 05:30 WIB
Coba 5 Trik Jitu Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur (Nova)

Sahur menjadi bagian dari ibadah menjalankan ibadah puasa. Meski banyak orang yang lebih memilih makan dalam porsi banyak saat waktu berbuka dan malam hari kemudian tidur hingga pagi, namun tetap saja menyantap menu saat sahur lebih dianjurkan bagi mereka yang berpuasa.

Sayangnya, ada sebagian orang yang terpaksa tidak menikmati hidangan sahur karena terlambat bangun atau justru begitu terlelap hingga baru terbangun sesaat sebelum beraktivitas pagi.

Terdengar sepele dan simpel, tapi 5 trik pintar agar tidak terlambat bangun sahur di bawah ini dapat Anda coba mulai besok. Apa saja 5 cara agar tidak terlambat bangun sahur?

Baca: 6 Cara Bangun Tidur Tepat Waktu

Pasang alarm di gadget Ini opsi lain dari cara paling konvensional dengan menyalakan jam weker di sekitar ranjang Anda. Bila telinga Anda terbiasa terganggu dengan jam weker, tak ada salahnya mencoba pasang alarm di gadget atau smartphone Anda. Perhatikan posisi meletakannya. Jangan terlalu dekat dengan kepala Anda yang tentunya bisa memicu radiasi ke otak. Atur jarak sedikit jauh namun dengan volume cukup keras.

Atur waktu 20 menit sebelum jam bangun sahur Fenomena paling biasa terjadi ialah Anda sudah memasang alarm atau jam weker namun hanya terbangun untuk kembali mematikannya lagi. Cara menyiasatinya ialah dengan mengatur waktu setidaknya 15 menit atau 20 menit sebelum jam bangun sahur rutinitas Anda.

Misalnya bila waktu imsak pukul 4.30, kemudian Anda terbiasa makan sahur di jam 4.00, maka atur waktu alarm atau jam weker di jam 3.45 atau 3.35 untuk mengantisipasi mata yang masih mengantuk.

Baca: Si Kecil Tak Bisa Bangun Pagi

Atur suara di gadget dengan suara adzan Sadar atau tidak, biasanya orang akan lebih cepat bangun saat mendengar suara adzan ketimbang suara musik atau suara televisi saja. Mengapa? Sebab, suara adzan seakan menjadi penanda bahwa Anda sudah terlambat waktu sahur dan terpaksa harus berpuasa tanpa mengisi energi tubuh dari makanan.

Harapannya, mata dan tubuh yang masih lemas serta mengantuk akan diberi sinyal untuk bergerak lebih cepat saat mendengar suara adzan shubuh yang keluar dari gadget.

Tidur lebih cepat Ini juga bukan tips yang baru untuk menyiasati agar tidak terlambat bangun sahur. Tapi, cara ini memang sangat ampuh untuk memberikan waktu tidur lebih lama. Bedakan waktu tidur saat puasa dengan tidak. Pasalnya, tubuh memerlukan jam tidur lebih lama saat puasa ketimbang biasanya.

Batasi aktivitas dan penggunaan gadget atau peralatan elektronik lainnya yang membuat mata sulit terpejam. Normalnya waktu tidur agar bisa siap bangun saat sahur adalah antara pukul 21.30 hingga 22.00 malam.

Baca: Mengisi Baterai Gadget Malam Hari Bisa Memicu Kegemukan, lho!

Hindari jenis minuman mengandung kafein Banyak perempuan yang ngotot ingin kurus atau tetap langsing saat puasa dengan mencoba meminum teh herbal seperti teh hijau saat di malam hari sebelum tidur. Padahal tindakan ini sangat keliru. Karena selain kopi, teh sejatinya juga mengandung kadar kafein yang membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Tidak heran, tubuh dan mata yang sudah mengantuk akhirnya menjadi segar lagi dan tidur lebih larut lagi hingga berujung terlambat bangun sahur.

Jadi, sebaiknya minum teh herbal atau teh lainnya di waktu berbuka puasa atau saat sahur saja.