'Sundul Gan,' Film Persahabatan Dua Teman Yang Dikemas Ringan dan Kocak

By nova.id, Minggu, 12 Juni 2016 | 05:15 WIB
Presconfrance 'Sundul Gan' (nova.id)

Tabloidnova.com - Siapa yang sangka pertemanan yang dimulai dari pertemuan tidak sengaja di sebuah pesta akhirnya membuahkan satu kerajaan bisnis yang luar biasa bagi dua orang remaja. “Sundul Gan: The Story of Kaskus” ini adalah film adaptasi yang diangkat dari kehidupan nyata Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis yang merupakan dua tokoh penting dibalik berdirinya situs forum komunitas maya terbesar dan nomer satu di Indonesia.

Film ini diperankan oleh Dion Wiyoko dan Albert Halim yang berperan sebagai Ken dan Andrew. Film berdurasi 89 menit ini digarap oleh sutradara wanita, Naya Anindita, dimana film ini merupakan debut film fitur layar lebar pertamanya. Demi menyelami karakter sebagai Ken yang memiliki postur tubuh gempal ini, Dion sampai harus menaikkan berat badannya hingga 10 kilogram. Syuting film dari 700 Pictures ini dilakukan di dua lokasi, Jakarta dan Seattle. Kota yang terakhir ini adalah kota dimana Ken dan Andrew pertama kali bertemu sekaligus tempat mereka kuliah.

Film ini dibuka dengan kisah Ken yang sejak kecil lebih suka bermain game ketimbang sekolah. Kesal melihat kelakuan anaknya, ayah Ken pun memutuskan menyekolahkan Ken di Seattle. Namun, di Seattle itu, Ken bertemu dengan Andrew di sebuah pesta yang ternyata pendiri forum bernama Kaskus. Menyadari jika forum ini adalah forum populer di Indonesia, Ken pun berusaha membujuk Andrew pulang ke Indonesia dan membangun Kaskus bersama. Andrew bertindak sebagai "arsitek" yang membangun situs forum, sedangkan Andrew bertindak sebagai orang yang memikirkan sisi bisnis sekaligus mencari investor.

Dari sinilah berbagai konflik terjadi dan hubungan persahabatan mereka pun mengalami ujian sehingga nyaris putus dan membahayakan kelanjutan perusahaan yang baru mereka bangun bersama.

Menonton film ini sangatlah mengocok emosi. Kita dibawa tertawa dengan tingkah-tingkah konyol Ken dan Andrew. Juga ikut bersimpati akan betapa keras dan sulitnya keduanya berjuang mempertahankan Kaskus, termasuk ketika Andrew mengetahui betapa besar pengorbanan sahabatnya yang harus merelakan dana pesta kawinnya untuk membeli server agar Kaskus tidak down lagi.

Beberapa kameo para aktor lain juga cukup menghibur dalam beberapa adegan seperti penampilan Baim Wong, Afghan, dan Ernest Prakasa.

Syanne