Merasa Tersiksa, Artis Cantik Ini Mantap Hidup Tanpa Makeup

By , Kamis, 9 Juni 2016 | 09:30 WIB
Alicia Keys mantap hidup tanpa makeup, #nomakeup_movement Alicia Keys. (Nova)

Tidak ada yang menyangkal jika sosok penyanyi sekaligus musisi, Alicia Keys, merupakan salah satu perempuan cantik yang berpengaruh.

Tidak hanya multi talenta dan memiliki suara emas, ia pun memiliki kepribadian yang hangat dan ramah. Ini yang membuat banyak orang begitu menyukai karakter seorang Alicia Keys.

Dalam surat terbuka di Lenny Letter, secara mengejutkan Alicia Keys memutuskan mantap hidup dan berkarier tanpa makeup.

Ya, peraih banyak penghargaan di Grammy Awards ini memutuskan untuk berhenti mengenakan makeup sebagai bagian dari perjalanannya mengaktualisasi diri secara nyata.

Baca: Wow! Ini Dia Foto Tenar Artis Indonesia Tanpa Makeup

Dalam surat tersebut untuk gerakan #nomakeup-movement Alicia Keys berkata, bahwa perempuan modern sekarang ini telah dicuci otak untuk ikut dalam tren perempuan harus bertubuh kurus, seksi, menggairahkan dan sempurna. Satu dari banyak hal yang akhirnya membuat saya sangat lelah dengan penghakiman gender dan konsep cantik seorang perempuan.

Stereotip tersebut mengarahkan persepsi jika perempuan bertubuh normal adalah tidak normal. Terlebih jika mereka bertubuh plus alias gemuk. Mirisnya lagi, seperti yang diungkapkan oleh Alicia, citra seksi adalah harus bertelanjang dan memamerkan tubuh.

Baca: Tips Makeup untuk Wajah Keriput, Wajib Tahu!

“Setiap saya keluar rumah, saya merasa khawatir jika tidak memakai makeup. Bagaimana jika ada fans atau paparazzi yang ingin berfoto atau mengambil gambar saya kemudian memajangnya di sampul majalah atau situs. Saya merasa tidak aman, aneh, gugup dan terlalu banyak berpikir. Saya jadi berlebihan takut penilaian orang terhadap saya,” ungkapnya.

Namun, bukan perkara mudah ternyata bagi Alicia Keys untuk mantap hidup tanpa makeup. Dalam penuturannya, Alicia menceritakan pengalaman ketika bertemu dengan fotografer, Paola, yang akan mengabadikan foto dirinya untuk single terbarunya. Paola justru memohon Alicia Keys untuk difoto tanpa menggunakan makeup.

“Awalnya saya merasa sangat sangat tidak nyaman. Tapi akhirnya saya setuju. Menakjubkannya, setelah saya melihat foto-foto diri saya, saya justru merasa sangat percaya diri dengan diri saya sendiri dan penampilan kulit saya tanpa makeup,” tambah Alicia.

Baca: 7 Kesalahan Makeup yang Bikin Wajah Tampak Semakin Tua

Sebagai artis papan atas Hollywood, tentu gebrakan Alicia Keys tanpa makeup atau #nomakeup-movement by Alicia Keys merupakan hal serius yang terbilang berani bagi dirinya. Pasalnya, Alicia harus siap menghadapi pertanyaan dan komentar publik yang bisa saja sinis atau kontra dengan keputusannya sekarang.

“Saya memilih sesuatu yang membuat diri saya merasa nyaman, bahagia dan hidup tanpa kekhawatiran. Bukan buat diri orang lain, tapi untuk diri saya sendiri,” tandasnya.

Namun, ia pun tidak ingin memberi stigma buruk pada perempuan yang menyukai dan lebih percaya diri dengan mengaplikasikan makeup. Menurutnya itu adalah pilihan.

Baca: Animasi Hingga Artis, Hijabers Malaysia Jago Makeup Meniru Karakter

“Sangat baik bagi saya untuk tidak memakai makeup, tapi mungkin baik juga untuk mengenakan makeup. Jika itu membuat Anda lebih bahagia dan percaya diri. Percayalah, mungkin Anda ingin mencoba tampilan wajah polos tanpa makeup yang membuat Anda tampil cantik natural,” kata Alicia.

Soal pendapat suami tentang keputusan beraninya untuk tidak lagi menutupi wajah dengan makeup. Alicia memberi jawaban mengejutkan.

“Saya tidak lagi menutupi wajah dengan makeup, begitu pula dengan pikiran, hati, mimpi, dan emosional saya. Beruntung, suami saya, Swizz Beats begitu mendukung dan mengatakan bahwa saya cantik seperti malaikat tanpa makeup,” ceritanya saat tampil dalam majalah Vanity Fair.

Sumber: Cosmopolitan UK