Mencuci Jilbab dengan Pewangi Bisa Sebabkan Jerawat?

By nova.id, Selasa, 14 Juni 2016 | 05:00 WIB
Mencuci Kerudung Pakai Pewangi Bisa Sebabkan Jerawat? (nova.id)

Tidak hanya mantel atau busana berbahan sutra saja yang membutuhkan perawatan khusus. Nyatanya, hijab atau kerudung juga membutuhkan cara khusus agar kondisi bahannya tetap terjaga, warnanya tidak memudar serta wangi.

Selain itu, pencucian hijab yang tidak bersih dan kering juga bisa menyebabkan bau kurang sedap. Salah satu pengalaman yang dialami oleh desainer muslimah berbakat Indonesia ialah akibat mencuci kerudung dengan pewangi yang bisa memicu jerawat.

"Ketika mencuci kerudung, aku sih biasanya memisahkan jilbab dengan yang lainnya. Kemudian, aku enggak pernah pakai pewangi karena bikin jerawatan," pungkas Restu Anggraeni saat di temui dalam acara peluncuran koleksi terbarunya di Jakarta, Jumat (10/6).

Baca: Bingung Cara Mencuci Mukena Putih? Ini Triknya

Dia menyarankan bahwa ketika Anda mencuci kerudung sebaiknya dipisahkan dengan pakaian yang lain. Kemudian, cuci manual dengan tangan dan celupkan pada air tanpa pewangi.

Baca: Cara Tepat Mencuci Jins Tanpa Memudarkan Warnanya

Sebab, sesuai dengan pengalaman Restu ketika dia menggunakan pewangi saat mencuci kerudung, kulit wajahnya merah dan timbul jerawat. Sebab, semua sisi kerudung akan terkena pewangi dan menempel pada wajah.

Baca: 6 Kesalahan Mencuci Baju ‘Branded’ yang Sering Dilakukan

"Awalnya aku enggak tahu kalau pewangi bisa bikin jerawat. Akhirnya, dokter kulit aku yang kasih tau karena waktu itu sempet bermasalah, makanya dokter bilang kulitku cenderung sensitif dan alergi dan jangan mencuci kerudung pakai pewangi. Lalu, setelah aku ikut saran dokter, emang berkurang jerawatnya," urainya pada KompasFemale.

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/KompasFemale