Benarkah Mencoba Masakan Saat Puasa Diperbolehkan?

By nova.id, Sabtu, 27 Mei 2017 | 23:30 WIB
Survei Tabloid Nova: Seberapa Sering Ibu di Indonesia Memasak dalam Seminggu? Ini Jawabannya! (nova.id)

Saat sedang menyiapkan menu buka puasa, kadang kita khawatir rasanya belum pas. Sehingga, kita mempertanyakan bagaimana cara mencoba masakan saat sedang puasa. Kan, kasihan keluarga bila harus mengonsumsi makanan yang keasinan atau justru hambar ketika buka puasa nanti?

Tapi, bolehkah mencicipi makanan saat puasa?

BACA: 6 Bahan Masakan yang Harus Ada di Dapur Saat Bulan Puasa

Banyak terjadi, ketika memasak kita mencoba rasa masakannya terlebih dahulu untuk memastikan semua bumbu terolah dengan baik. “Boleh kok mencoba setetes bumbu dan ditempelkan ke lidah ketika sedang berpuasa, tapi jangan sampai tertelan, dan masuk ke dalam perut,” ujar Kang Ozan, ustadz yang ditemui di acara Yayasan Hijab Indonesia, beberapa waktu lalu.

Menurut Kang Ozan, wanita berpuasa sah-sah saja mencicipi masakan untuk keluarga. Sebab, indera perasa manusia ada di mulut dan lidah, bukan di perut.

Jika lidah sudah mengidentifikasikan rasa dari makanan, keluarkan kembali bumbu atau makanan yang sudah Anda cicipi tersebut, sehingga tidak masuk ke dalam perut.

“Selama masih di seputar lidah, bisa diludahkan atau dikeluarkan dari mulut lagi, karena tujuannya adalah mengecap, mencicipi. Itu boleh,” pungkasnya.

Sumber: Kompas Female