Bakera, Spa Eksotis Perempuan Pasca Melahirkan Asal Minahasa Dari Martha Tilaar

By , Kamis, 23 Juni 2016 | 10:00 WIB
Bakera, Spa Eksotis Perempuan Pasca Melahirkan Asal Minahasa Dari Martha Tilaar (Nova)

Spa merupakan hasil warisan budaya asli nenek moyang yang telah terbukti berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Spa, seperti yang diakui oleh Wulan Tilaar, Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, sekaligus Direktur Utama PT Cantika Puspapesona, menjadi bagian dari kebiasaan serta siklus kehiduoan perempuan. Baik bagi perempuan sebelum menikah, sudah menikah maupun pasca melahirkan.

Sayangnya, tidak semua masyarakat mengetahui bahwa Indonesia kaya akan warisan variasi perawatan spa. Setiap daerah memiliki perawatan khasnya masing-masing. Keragaman jenis spa yang berasal dari kearifan budaya lokal tersebut dihimpun dalam Etno Wellness.

"Saat ini kami sudah memiliki empat dari sembilan Etno Wellness. Etno Wellness adalah treatment kesehatan jiwa, pikiran, dan fisik yang diambil dari kearifan budaya kita," ujar Wulan saat acara peluncuran Bakera Spa dari Martha Tilaar Salon Day Spa di Hermitage Hotel, Menteng, Rabu (1/6).

Kesembilan Etno Wellnes Indonesia tersebut, antara lain Tangas Betawi, Batangeh Minang dari Sumatera Barat, Oukup Batak asal Sumatera Utara, Lulur Jawa, Boreh Bali, So'oso Madura, Batimung Banjar dari Kalimantan Selatan, Bakera Minahasa asal Sulawesi Utara, Bedda Lottong Bugis dari Sulawesi Selatan.

Menurut Wulan, Bakera spa merupakan perawatan tradisional yang awalnya bermanfaat untuk perempuan yang baru saja melalui tahap persalinan. Adanya keseimbangan anatara ’unsur panas dan dingin’ didalam tubuh manusia menjadi konsep sehat masyarakat di Minahasa. Bakera Spa tradisional ini memang memiliki khasiat khusus, yaitu membuat kencang organ intim perempuan.

“Masyarakat Minahasa menyebutnya bakancing, artinya organ intim dan reproduksi perempuan yang kendur setelah hamil dan melahirkan akan dikembalikan menjadi elastis. Namun, setelah sedikit dimodifikasi dan disesuaikan dengan pasar, jenis spa ini juga bisa dinikmati bagi perempuan yang belum melahirkan atau bahkan bagi para pria,” jelas Wulan.

Martha Tilaar Salon Day Spa dalam sajian Bakera ini tetap mengusung budaya asli Indonesia dengan mengemas beberapa jenis tanaman menjadi satu perawatan Bakera yang bekhasiat baik bagi tubuh.

Mulai dari daun puring, daun balacai, daun cengkeh, daun kayu manis, daun jeruk limau, daun suji, daun pala, daun goro-goro, daun sereh dan daun pisang. Bakera sangat direkomendasikan untuk perawatan khususnya pada organ intim perempuan agar tetap sehat dan terawat.

Keunggulan dari perawatan bakera spa ini khususnya bagi perempuan modern adalah merawat organ intim wanita agar tetap sehat dan elastis.

Merevitalisasi tubuh, meremajakan kondisi tubuh yang lelah karena padatnya  aktifitas, memperlancar peredaran darah, membuang racun pada tubuh dan menghilangkan rasa pegal pada otot dan sendi.

Foto-foto: Martha Tilaar Salon Day Spa