Setelah Bertemu Dalai Lama, Lady Gaga Dikecam Penggemarnya

By nova.id, Rabu, 29 Juni 2016 | 11:00 WIB
Dalai Lama dan Lady Gaga (nova.id)

TABLOIDNOVA.COM  – Baru-baru ini, Lady Gaga memamerkan foto bersama dengan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, di akun Facebook-nya. Keduanya memang bertemu di acara sebuah konferensi tahunan di Indianapolis. Tidak hanya foto, Lady Gaga juga kemudian mengunggah video pertemuan yang dikemas dalam video berdurasi 19 menit ini. Foto berdua ini lalu disukai oleh hampir 160 ribu warga Facebook.

Dalam video ini, pembicaraan Lady Gaga dan Dalai Lama jauh dari urusan politik. Kebanyakan berputar pada soal meditasi, yoga, kesehatan mental dan bagaimana mendetoks rasa kemanusiaan dalam tiap orang.

BACA: Leonardo DiCaprio Ternyata Kalah Kaya Dari Taylor Swift dan Lady Gaga

“Memberi perhatian lebih pada nilai-nilai dasar seperti cinta dan kasih sayang adalah pendekatan yang paling tepat untuk dapat membantu anak-anak muda yang memiliki rasa percaya diri rendah atau mereka yang kepikiran untuk melakukan bunuh diri. Saya merasa dunia ini sudah semakin materalistis,” ungkap Dalai Lama saat menjawab pertanyaan Lady Gaga dalam menghadapi kecenderungan remaja melakukan bunuh diri.

Sayang, sambutan hangat itu tidak diapresiasi oleh penggemar Lady Gaga di negara dengan penduduk mencapai  1,5 milyar itu. Apalagi, ibu kota Tiongkok, Beijing, menganggap Dalai Lama sebagai figur politik yang berbahaya yang sengaja membengkokkan peraturan agar bisa memisahkan region Himalaya Tibet dari Tiongkok. Sementara Dalai Lama berkeras mengatakan jika dirinya hanya mengadvokasi atau bertindak sebagai penengah dalam pertikaian otonomi Tibet. Ia tidak pernah mengarahkan Tibet untuk independen sendiri sebagai negara.

BACA: Mengintip Gaya Lady Gaga Saat Mendarat di Tokyo Jepang

“Kami berharap warga di komunitas internasional bisa sadar seperti apa karakter dan intensinya Dalai Lama yang sebenarnya. Tujuan kunjungannya dan aktivitasnya di luar negeri hanya untuk mempromosikan proposalnya mengenai kemerdekaan Tibet,” ujar juru bicara Tiongkok Hong Lei.

Di satu sisi, fanbase penggemar Lady Gaga di Tiongkok sangat besar dan para penggemar itu pun langsung berspekulasi jika idolanya  itu akan kena blokir oleh pemerintah Cina. Bahkan, dalam media sosial Weibo (Twitter versi Tiongkok) banyak yang mengecam pertemuan idolanya dengan Dalai Lama.

“Ia benar-benar tidak menganggap penggemarnya di Cina!” tulis George Lee, salah satu penggemarnya.

Dan, kekhawatiran penggemarnya itu pun ternyata benar. Koran The Guardian baru saja melaporkan jika Lady Gaga termasuk dalam daftar pengaruh asing yang dianggap membahayakan oleh partai Komunis Tiongkok.

Syanne/Tabloidnova.com