Begini Cara Blokir Video Bocah Nyanyikan "Lelaki Kerdus" yang Liriknya Tak Pantas

By nova.id, Kamis, 30 Juni 2016 | 05:38 WIB
Video bocah nyanyikan lagu ()

Lagu berjudul "Lelaki Kerdus" yang dinyanyikan anak-anak ini sungguh membuat jengah. Dengan lirik yang bermuatan negatif dan tak pantas (khususnya untuk anak-anak), banyak pihak yang diresahkan dengan lagu ini. 

Termasuk Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPA Indonesia) atau yang selama ini dikenal dengan nama Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA). Mereka mengajak semua pihak agar tidak menyebarluaskan tayangan video lagu "Lelaki Kerdus" di berbagai media sosial.

Video itu menampilkan seorang anak perempuan yang menyanyikan lagu dangdut dengan lirik tak pantas. Lagu Lelaki Kerdus berirama dangdut tersebut bercerita tentang kemarahan atau kekecewaan anak terhadap sosok ayahnya yang menduakan ibunya.

Dalam video tersebut, juga digambarkan adegan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Video "Lelaki Kerdus" ini sudah beredar di YouTube dan banyak dibagikan di berbagai media sosial.

"LPA Indonesia mengimbau masyarakat untuk membangun persepsi bersama bahwa video tersebut sungguh-sungguh tidak ramah anak," tulis Reza Indragiri Amriel, Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak, LPA Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/6/2016).

Lirik lagu "Lelaki Kerdus" ini juga dinilai tidak sesuai dinyanyikan dan dikonsumsi anak-anak. Selain meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan video "Lelaki Kerdus", LPA Indonesia juga mengajak masyarakat agar tidak memberikan komentar yang merendahkan anak-anak, selama video tersebut masih ada di media online.

LPA Indonesia mengajak semua pihak yang peduli untuk juga bersama-sama melaporkan keberadaan video tidak ramah anak ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) dan meminta Kominfo untuk memblokir video tersebut, melalui alamat e-mail aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Apakah Anda setuju dengan pemblokiran ini? Suarakan pendapat melalui kolom komentar di bawah ini.

Sumber: Kompas Tekno