Bertolak Belakang, Penilaian Perempuan dan Laki-Laki Terhadap Perempuan Ber-Makeup

By nova.id, Senin, 11 Juli 2016 | 11:29 WIB
Salah aplikasi, bisa-bisa riasan wajah Anda justru bikin Si Dia ilfeel! (nova.id)

Berdasarkan studi dari University of Stirling, Inggris, wanita yang mengenakan riasan wajah atau make up membuat kaum pria tergoda tetapi menyebabkan wanita lainnya cemburu.

Menurut studi, kaum pria menganggap wanita yang pintar mengenakan make up memiliki citarasa tinggi dan prestis.

Sementara itu, wanita melihat wanita lain yang mengenakan make up sebagai seseorang yang manipulatif dan dominan.

BACA: Tak Disangka, Ini yang Diinginkan Pria Tentang Bibir Wanita

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Perception, Dr Viktoria Mileva, Postdoctoral Research Fellow di University of Stirling, menjelaskan bahwa persepsi terhadap make up benar-benar kontras di mata pria dan wanita.

“Pria dan wanita setuju bahwa make up membuat seorang wanita terlihat menarik dan kaya. Namun, persepsi mendalam mengenai make up berbeda antara pria dan wanita. Pria mengklaim bahwa wanita dengan riasan wajah terlihat lebih prestis. Lalu, wanita menganggap wanita yang selalu menggunakan make up, lebih dominan,” urai Mileva.

Sebenarnya, perbedaan persepsi ini bisa dimanfaatkan oleh wanita dengan baik. Anggapan dominan, berarti wanita merasa nyaman memanipulasi orang lain untuk mengikuti mereka. Lalu, alternatif lain adalah memanfaatkan anggapan prestis untuk tujuan positif dan memperbaiki diri jadi lebih berkualitas agar orang lain menghargai Anda.

BACA: 10 Riasan Wajah Perempuan yang Paling Bikin Pria Ilfeel

Menariknya, wanita yang memiliki opini negatif mengenai wanita lain yang suka mengaplikasikan make up, memilih menyimpan anggapan tersebut sebagai rahasia.

“Kami menggali lebih detil mengenai prasangka negatif  wanita dengan wanita bermake up. Ternyata, hal itu dipicu oleh rasa cemburu dan tidak suka. Bahkan, mereka mengatakan wanita lebih cantik tanpa make up. Namun, responden pria mengatakan wanita yang dandan itu lebih menarik perhatian,” jelasnya.

Sumber: Kompas Female