Atasi Alergi dan Jadikan Si Kecil Selangkah Lebih Maju

By nova.id, Selasa, 12 Juli 2016 | 08:23 WIB
Seminar “Atasi Alergi dan Jadikan Si Kecil Selangkah Lebih Maju” yang diselenggarakan oleh Nutrilon Royal Soya (nova.id)

Banyaknya mitos dan fakta yang beredar terkait dengan alergi, membuat orangtua bertanya-tanya, apa sebenarnya alergi itu? Penjelasan yang disampaikan dr. Nia Kurniati, Sp. A(K)., dalam seminar “Atasi Alergi dan Jadikan Si Kecil Selangkah Lebih Maju” yang diselenggarakan oleh Nutrilon Royal Soya, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Sabtu (23/4), menjawab pertanyaan tersebut.

Ternyata sistem imunitas dalam tubuh manusia bekerja untuk menangkal atau memulihkan diri dari penyakit. Akan tetapi, bagi sebagian orang, sistem imunitas tersebut dapat bekerja dengan reaksi berlebihan. “Nah, reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan itulah yang disebut alergi,” jelas dr. Nia.

dr. Nia lalu menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan alergi, mulai dari makanan, debu, hingga bulu binatang. Sekitar 7,5% anak mengalami alergi protein susu sapi.

Bagi orangtua, dr. Nia menyarankan agar lebih mengenali lagi kondisi dan keadaan tubuh anak mereka. Jika alergi pada satu jenis makanan, sebaiknya orangtua menghindari anaknya mengonsumsi jenis makanan tersebut.

Bila yang dialami Si Kecil adalah alergi protein susu sapi, maka upaya yang bisa dilakukan Ibu adalah tetap berikan ASI, namun selama menyusui, ibu harus menghindari konsumsi susu sapi dan turunannya, seperti keju atau yogurt.

“Alergi tidak menular,” lanjut dr. Nia. Sebaiknya, untuk mengetahui lebih jauh tentang alergi anak, Ibu dapat konsultasikan pada dokter spesialis sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lengkap. “Hal itu merupakan cara ampuh dalam melakukan diagnostik terhadap alergi.”

Nutrisi untuk si Kecil yang Alergi

Nutrilon Royal Soya telah hadir lebih dari 20 tahun untuk menjawab kebutuhan nutrisi bagi anak dengan alergi dan terbukti membantu tumbuh kembang anak. Formula penanganan alergi dari Nutrilon Royal Soya terbukti dapat ditoleransi oleh 90% anak sesuai ketentuan ESPGHAN.

Ibu dapat memberikan formula soya sebagai salah satu alternatif solusi untuk Si Kecil yang mengalami alergi protein susu sapi.

Pastikan Ibu terus mendapatkan informasi mengenai alergi pada anak dengan menghadiri seminar yang menghadirkan narasumber pakar alergi anak. Pada momen seperti itu, Ibu juga bisa berbagi pengalaman dengan peserta lain yang hadir, sehingga informasi yang dimiliki semakin kaya.

Selain itu, Ibu juga bisa mencari informasi mengenai alergi di situs-situs terpercaya. Salah satunya, di website www.nutriclub.co.id/allergyexpert yang menyediakan informasi lengkap seputar alergi, mulai dari artikel, resep sehat untuk anak yang alergi, hingga alat tes yang dapat membantu ibu untuk mendeteksi risiko alergi anak sejak dini.

Selepas edukasi oleh dr. Nia, dihadirkan demo masak resep sehat dari Nutrilon Royal Soya oleh Chef Deny Gumilang dari Master Chef 2015. Chef Deny mendemonstrasikan dua menu masakan yang menarik untuk anak dengan alergi susu sapi, yakni Apple Crumble dan Poppin’ Popeye Quiche.

Antusias peserta tidak hanya di acara seminar dan demo masak, namun juga di booth yang dihadirkan. Salah satunya adalah booth Nutriclub Corner. Di booth tersebut, peserta bisa melakukan deteksi risiko alergi yang dialami anak melalui alat tes alergi dari Nutriclub Allergy Expert.

Kemeriahan juga terlihat di sudut photo booth, di mana orangtua dan anak bisa berfoto bersama. (ADV)