5 Cara Alami Redakan Nyeri Panggul yang Tiba-tiba Menyerang

By nova.id, Selasa, 19 Juli 2016 | 06:45 WIB
Sering Nyeri Panggul? Coba Sembuhkan dengan 5 Cara Alami Ini! (nova.id)

Banyak orang sering dibuat bingung dengan kondisi rasa nyeri yang tiba-tiba dirasakan di area panggul. Padahal penyebab nyeri panggul umumnya dikarenakan iritasi saraf yang berjalan dari panggul ke bagian bawah kaki.

Biasanya orang-orang akan mengonsumsi obat seperti aspirin dan ibufrofen untuk meredakan rasa linu di area panggul tersebut.

Namun, seperti dilansir oleh Prevention, ternyata ada 5 cara alami untuk mengatasi nyeri panggul yang mungkin sering menyerang Anda.

Baca: Bentuk Pinggul Bisa Menunjukkan Kehidupan Seks Anda

Istirahat dan kompres Kita dapat mempercepat penyembuhan saraf skiatik (saraf terpanjang dalam tubuh, mulai dari punggung bawah hingga telapak kaki) dengan mengistirahatkan kaki selama satu atau dua hari. Agar pulih lebih cepat, cobalah untuk mengompresnya di daerah yang terasa linu.

Menurut Andrew Weil, MD, clinical professor of medicine di University of Arizona, mulailah latihan fisik setelah beberapa hari. Latihan ini juga dapat membantu proses penyembuhan. Kita bisa memulainya dengan berjalan sinkgat.

Latihan peregangan Jika kita merasa masalah saraf ini tak kunjung pergi, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan terapi fisik. Ia bisa mengajarkan kita latihan khsusus peregangan untuk mempercepat proses pemulihan. Latihan bertujuan untuk meringankan tekanan pada saraf skiatik.

Baca:  5 Bentuk Bokong Perempuan dan Celana Dalam yang Sesuai

Akupuntur Akupuntur dapat membantu kita untuk meringankan linu panggul dan sakit pada saraf skiatik. Akupuntur telah diakui oleh National Institutes of Health sebagai alternatif terapi konvensional untuk mengurangi sakit pada tubuh bagian bawah.

Terapi pijat Terapi pijat dapat membantu tubuh untuk mengendurkan otot-otot yang mengelilingi dan menekan saraf skiatik. Weil mengatakan, kunjungan kepada seorang terapis pijat yang berpengetahuan dapat membantu kita untuk mengurangi sakit linu panggul.

Baca: 4 Penyebab Sakit Punggung pada Orang Berbadan Kurus

Chiropractic Penyesuaian sistem musculoskeletal dapat ‘menyetel’ kembali panggul dan tulang belakang. Ini baik untuk mengurangi tekanan pada daerah yang terasa linu.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Prevention