7 Tanda Peringatan Kanker Payudara yang Sering Tak Disadari

By Noverita, Kamis, 21 Juli 2016 | 08:12 WIB
Peduli kanker payudara (Noverita)

Kanker payudara merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menjadi momok bagi perempuan. Kekhawatiran ini seringkali membuat perempuan pun takut memeriksakan apabila ada hal tak biasa di payudaranya.

Namun, hal yang berbeda di area payudara tak selalu berarti ada gangguan serius, kadangkala hanya akibat hormon yang sedang tidak stabil.

Meski demikian, penting untuk mengetahui gejala kanker payudara, karena tanda-tanda kanker payudara ini seringkali tak disadari.

Jika Anda memiliki salah satu gejala kanker payudara ini, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter:

BACA: 3 Perbedaan Kanker Payudara dan Tumor Jinak

1. Terdapat benjolan di payudara atau ketiak. 2. Ada penebalan kulit payudara atau jaringannya. 3. Perubahan dalam ukuran, bentuk, atau kontur payudara. 4. Keluar cairan atau darah dari puting. 5. Perubahan kulit payudara atau puting yang terlihat mengerut, bersisik, atau meradang. 6. Payudara atau puting kemerahan. 7. Payudara terlihat berbeda dibandingkan dengan  yang sebelahnya.

BACA: Ketahui 8 Fakta Kanker Payudara Agar Tidak Salah Penanganan

Dokter akan melakukan tes untuk mengetahui penyebabnya, menjelaskan, membantu pengobatan jika tes menunjukkan Anda memiliki kanker. Jika dokter yakin Anda mengidap kanker, lakukan pengobatan segera.

Noverita K. Waldan