7 Fakta tentang Penyebab Alergi yang Banyak Dialami

By Noverita, Kamis, 21 Juli 2016 | 08:46 WIB
Fakta tentang alergi (Noverita)

Apa, sih, yang dimaksud dengan alergi? Alergi adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh manusia bereaksi negatif terhadap zat tertentu atau "benda asing" yang masuk ke sistem manusia.

Selaini diiring dengan gejala berat, reaksi alergi juga bisa berakibat fatal!

Alergi yang dialami tiap orang unik dan berbeda. Bisa saja, kacang yang menjadi favorit Anda, ternyata kalau dimakan orang lain bisa berakibat fatal karena reaksi alergi. Beberapa jenis yang paling umum dari alergi adalah alergi obat, makanan, serbuk sari tanaman, hewan, musim, dan banyak lainnya.

BACA: Benarkah Alergi Bisa Disebabkan Faktor Keturunan?

Agar tak salah kaprah, ada baiknya Anda mengetahui beberapa mitos tentang alergi yang sering salah diartikan:

1. Banyak orang berpikir alergi adalah gejala psikosomatis dan imajiner. Tapi, alergi adalah hal nyata dan bisa berakibat fatal dalam kasus yang ekstrim. Stres juga dikenal bisa memicu alergi.

2. Banyak orang percaya alergi dialami anak-anak namun akan sembuh sesuai bertambahnya usia. Itu tidak benar, dalam kebanyakan kasus sangat penting membantu anak-anak mengatasi alergi sejak dini.

3. Banyak orang percaya alergi tidak lebih dari ruam dan gatal-gatal. Tapi, dalam beberapa kasus alergi dapat memicu gejala syok anafilaksis. Ini bisa menyebabkan tekanan darah rendah dan menyempitnya saluran udara sehingga menyebabkan kematian.

4. Kebanyakan orang percaya bulu hewan peliharaan dapat menyebabkan alergi. Tapi, hewan peliharaan juga bisa menularkan zat lain yang disebut 'ketombe' yang dapat menyebabkan reaksi alergi parah pada beberapa orang.

5. Intoleransi laktosa adalah suatu kondisi di mana orang memiliki masalah pencernaan dan alergi ketika mengonsumsi susu. Namun, sebenarnya intoleransi laktosa disebabkan adanya enzim laktase dalam tubuh.

BACA: Jangan Anggap Sepele Alergi pada Anak

6. Makanan dengan perasa buatan dapat menyebabkan alergi. Tapi, penelitian telah menunjukkan makanan alami atau organik, seperti kacang tanah, ikan, seafood, kedelai dan masih banyak lagi, bisa menjadi penyebab 90% alergi.

7. Jika mengalami alergi pernapasan seperti batuk kering, asma, tidak bisa melakukan olahraga karena dapat memberikan gejala buruk. Namun, para ahli mengatakan bentuk ringan dari latihan yang dilakukan setiap hari akan membuat kondisi tubuh lebih baik.

Noverita K. Waldan