Pasca Bercerai, Angel dan Steven Tak Ributkan Hak Asuh Anak

By , Selasa, 26 Juli 2016 | 11:00 WIB
Angel Karamoy dan Steven Rumangkang (Nova)

Dalam banyak kasus perceraian, anak seringkali menjadi korban. Selain memberi dampak buruk secara perkembangan psikologis, ego masing-masing orangtua soal hak asuh anak juga kerap menjadi masalah selanjutnya.

Namun, sepertinya hal itu tak terjadi pada Angel Karamoy dan Steven Rumangkang. Setelah resmi bercerai di awal 2016 ini, keduanya tampak tak mau meributkan soal hak asuh kedua anak mereka, Lovely Maria Rumangkang dan Junio McKenzie Rumangkang.

Baca: Mengejutkan! Ternyata Angel Karamoy dan Suami Sudah Resmi Bercerai Sejak Awal 2016

Seperti yang dikatakan Yohan Christanto selaku kuasa hukum Angel Karamoy. "Anak, sih, secara garis besar itu emang mengurusnya berdua, mereka ganti-gantian. Belum ditentukan untuk jeda waktu berapa hari di sini, saling tau aja kalau mau ketemu anak, ya, bisa,"  jelas Yohan ketika dihubungi Selasa (26/7/2016).

Menurutnya, bagi Angel maupun Steven adalah status yang jelas atas hubungan mereka (bercerai). "Mereka yang penting, kan, status dulu. Kalau anak di agama mereka (protestan) juga berhak di keduanya. Jadi, lebih fleksibel pengaturannya."

Yohan juga menjelaskan kedua buah hati dari pernikahan mereka pula yang menjadi penguat hubungan Angel dan Steven kala dilanda kisruh. Sebelum bercerai, keduanya sempat mempertahankan hubungannya demi anak.

Baca: Angel Karamoy Rahasiakan Perceraiannya, Benarkah Karena Foto Mesra dengan Pasha?

Sayangnya, upaya itu runtuh lantaran ego masing-masing yang menginginkan untuk bercerai. "Mereka sempat bertahan karena anak," kata Yohan.

Lantas, bagaimana hubungan keduanya setelah resmi berpisah?  "Sebenernya jauh sebelum ini juga kemaren-kemaren udah fine-fine aja."

Namun, ada satu hal yang menurut Yohan membuat keduanya tak lagi bisa disatukan.

"Ini emang kurang harmonis, bukan karena mereka suka bertengkar tapi komunikasinya udah enggak bagus. Sibuk masing-masing jadi susah komunikasinya juga. Intinya, sih, itu," kata Yohan lagi.