Campuran Cuka dan Air Ampuh Bersihkan Dinding Rumah yang Kotor

By Noverita, Sabtu, 13 Mei 2017 | 04:45 WIB
Dinding kotor bisa dibersihkan dengan campuran cuka (Noverita)

Kebersihan rumah secara tak langsung menjadi cerminan dari kepribadian si empunya rumah. Salah satunya, dinding yang bersih terawat.

Namun, ada kalanya hal itu sulit terjadi. Terutama jika di rumah, anak-anak kerap berkreasi dengan mencoret-coret dinding menggunakan pensil, pulpen, krayon berwarna. Bukan hanya itu, dinding di rumah berisiko kusam juga karena disebabkan debu, tangan yang kotor, atau terkena percikan minyak saat memasak.

Anda tak perlu bingung untuk membersihkannya. Ketimbang menggunakan cairan kimia untuk membersihkan atau malah mengecat ulang dinding, Anda juga bisa, kok, menggunakan bahan yang ada di dapur yaitu campuran cuka dan air. Kandungan di dalam cuka terbukti ampuh menghapus hampir semua jenis kotoran dinding.

Murah, mudah didapat, dan terpenting tentu saja aman dari bahan kimia yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan penghuni rumah. Bagaimana cara mengaplikasikannya? Terdapat 4 cara untuk menggunakan cuka sebagai pembersih. Yuk, ikuti langkah berikut:

1. Cuka dan Air

Campurkan 1/4 cuka putih ke dalam 1 liter air hangat. Setelah diaduk, rendam kain dalam larutan tersebut. Kemudian gunakan untuk membersihkan dinding.

2. Cuka dan Deterjen

Jika berurusan dengan kotoran yang lebih tebal dan keras, campuran pembersih deterjen, cuka putih, dan air akan bekerja lebih maksimal. Larutkan dan diamkan selama 10 menit, Anda pun bisa mulai membersihkan dinding.

3. Cuka Semprot

Siapkan campuran cuka dan air, lalu simpan dalam botol semprot. Setelah disemprot biarkan dulu agar proses pembersihan lebih mudah. Baru bersihkan dengan kain lembap.

4. Cuka dan Baking Soda

Campur cuka, baking soda, dan air hangat dengan perbandingan 2:1:3 untuk mempersiapkan larutan pembersih.

Jadi, sudah tahu, kan, fungsi cuka yang ampuh sebagai pembersih rumah? Nah, selamat mencoba, ya!