Amankah Menyusui Saat Hamil?

By Tumpak, Minggu, 7 Agustus 2016 | 06:01 WIB
Posisi menyusui yang benar (Tumpak)

Nina baru saja melahirkan 6 bulan lalu. Namun, tak disangka ia kembali hamil anak kedua. Jarak kehamilan yang terlalu dekat dengan kelahiran pertama tentu membuat Nina dilema.

Apakah ia tetap bisa menyusui saat hamil seperti ini? Haruskah ia berhenti menyusui si sulung karena takut janin yang tengah dikandungnya akan bersaing mendapatkan asupan nutrisi darinya? Tapi, bagaimana dengan kecukupan ASI anak pertama nantinya?

Baca: Hamil Saat Menyusui, Bisakah?

Secara umum, menyusui di saat hamil aman dilakukan. Menurut konselor laktasi dr. Ameetha Drupadi, anggapan dan kecemasan di atas tidak selalu benar. Tergantung keadaan si ibu.

“Bila tak mengalami masalah seperti pernah keguguran atau kandungan yang lemah, maka tak masalah. Yang perlu diperhatikan, saat bayi menghisap puting payudara ibu, akan terjadi kontraksi yang dapat menjadi kendala dalam pembentukan plasenta janin yang biasanya ada pada usia 6-20 minggu," jelas Ameetha di acara Pekan ASI Sedunia di kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (3/8) lalu.

Baca: Bila Alami Kondisi Ini, Ibu Hamil dan Menyusui Sebaiknya Tidak Puasa Dulu

Ameetha mengatakan, sebelum memutuskan untuk hamil lagi saat menyusui, sebaiknya mendatangi dokter untuk dilakukan observasi secermat mungkin agar bisa memberikan gizi yang maksimal dan perhatian yang fokus pada anak.