Ini Bedanya Jenis Komedo Hitam dan Putih Penyebab Masalah Kulit Wajah!

By , Sabtu, 13 Agustus 2016 | 03:00 WIB
Ini Bedanya Jenis Komedo Hitam dan Putih Penyebab Masalah Kulit Wajah! (Nova)

Komedo mungkin adalah masalah yang dialami hampir semua orang di dunia ini. Wajah Anda mungkin tidak berjerawat atau tidak kering, tapi timbunan komedo akibat bakteri maupun debu dan minyak secara umum pasti muncul di setiap orang.

Komedo biasanya muncul di area-area yang cenderung berminyak. Namun, tidak tertutup kemungkinan komedo nampak di sejumlah area lainnya yang kotor atau rentan terpapar bakteri serta kuman.

Baca: Wajah Bebas Komedo Dengan Metode Peeling Komedo

Seperti yang dipaparkan oleh dr. Eddy Karta, SpKK, soal perbedaan jenis komedo hitam dan komedo putih penyebab masalah kulit wajah.

Menurut Eddy, komedo disebabkan oleh sumbatan. Komedo putih disebabkan oleh perubahan suhu serta faktor kebersihan.

Baca: Beruntusan dan Komedo, Sama-sama Mengganggu!

“Komedo putih atasnya seperti tertutup produksi minyak yang pelan-pelan membuat kulit kering. Setelah naik motor di siang hari terus lanjut masuk ke ruangan sejuk ber-AC. Kondisi ini bisa memicu komedo putih,” kata Eddy saat media gathering Pond’s Acne Solution: Teknologi Terbaru dari Pond’s Untuk Kulit Wajah Bersih dari Jerawat, di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (11/8).

Baca: Facial Tanpa Rasa Sakit dari 5 Klinik Kecantikan di Jakarta

Ini berbeda halnya dengan komedo hitam. Komedo hitam disebabkan pori-pori tersumbat karena kebanyakan pakai kertas minyak. Kertas minyak diakui Eddy akan menutup kotoran makeup untuk keluar dari pori-pori dan justru membuatnya semakin tersumbat sehingga menjadi komedo.