Si Kembar Itu Kini Meraih Prestasi

By nova.id, Selasa, 16 Agustus 2016 | 07:01 WIB
Yuliana Yuliani (nova.id)

Bayi kembar siam Yuliana dan Yuliani, yang dempet di ubun-ubun beberapa puluh tahun silam kini sudah menjadi wanita dewasa yang  berprestasi.

Kabar terkini Pristian Yuliana dan Pristian Yuliani dibagikan oleh akun Facebook Syakieb Sungkar pada Minggu (14/8/2016) malam.

Menurut Syakieb, salah seorang di antaranya sudah menjadi dokter dan yang lain sedang melakukan penelitian untuk gelar doktor di IPB. Netizen Amelya yang mengaku berteman dengan keduanya selama kuliah di Padang mengatakan, Yuliana atau Ana adalah yang sedang berjuang untuk meraih gelar doktor.

"Selamat ya Ana Ani. Untuk Ana semoga gelar doktornya segera nempel di namanya. Amin," ujar Amelya mengomentari postingan Syakieb.

Saat dilahirkan di RS Tanjungpinang, Kepulau Riau, Ana dan Ani mengalami dempet kepala di bagian ubun-ubun (craniopagus vertical). Pada 21 Oktober 1987, keduanya sukses menjalani operasi pemisahan di RS Cipto Mangunkusumo selama 13 jam.

Ini juga menjadi tonggak sejarah penting bagi kedokteran di Indonesia karena untuk pertama kalinya, operasi pemisahan kembar siam berhasil.

Operasi anak pasangan Tularji dan Hartini itu dipimpin oleh Prof. Dr. R.M. Padmosantjojo, yang kemudian menjadi orangtua angkat mereka.

Tribunnews