Karnaval dan Konser Musik Meriahkan Hari Kedua KKPDT

By Hasuna, Sabtu, 20 Agustus 2016 | 22:05 WIB
. (Hasuna)

 Memasuki hari kedua sekaligus hari terakhir Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016, acara karnaval terdiri dari dua agenda besar, yaitu karnaval itu sendiri dan konser musik. 

Kedua acara yang berlangsung di Balige ini dimulai pukul 15.00. Karnaval diikuti 3.500 peserta dari 26 propinsi dengan menggunakan lintasan sepanjang sekitar 3,5 kilometer di jalan utama Balige. Sepanjang jalan, terdapat enam panggung kecil. 

“Para peserta dan penonton mendaftarkan diri dengan KTP. Penonton yang sudah mendaftar sejumlah 12.000 orang,” ujar Jay Wijayanto, seniman asal  yang menjadi koordinator karnaval dalam perhelatan ini. Ia menambahkan, selain dari 26 propinsi, para peserta juga berasal dari warga masyarakat sekitar Danau Toba.

“Yang pertama kali mendaftar dari Papua. Katanya, kalau cucacanya bagus, mereka akan pakai koteka.” Propinsi lain yang juga sudah mendaftar antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, NTB, Sulawesi, dan lainnya.

Sementara, konser musik diadakan malam harinya di Lapangan Sisingamangaraja. Kali ini, yang akan memeriahkan acara antara lain Viktor Hutabarat, Olivia Pardede, Judika, peserta band lokal. Konser ini sekaligus menjadi penutup rangkaian KKPDT

Hasuna