Sepele Tapi Menakutkan, 4 Faktor Pemicu Tubuh Gampang Sakit!

By nova.id, Selasa, 23 Agustus 2016 | 09:00 WIB
Sepele Tapi Menakutkan, 4 Faktor Pemicu Tubuh Gampang Sakit! (nova.id)

Masih banyak orang terutama generasi muda yang menyepelekan masalah kesehatan. Ada yang menganggap bahwa penyakit datang hanya ketika usia mulai menua. Padahal anggapan tersebut amatlah keliru.

Kesehatan seyogyanya dijaga mulai sejak dini dengan menjalani pola makan sehat serta berolahraga. Namun, selain yang sudah disebutkan di atas, ternyata ada 4 faktor pemicu tubuh mudah sakit yang sering dianggap sepele tapi dampaknya sangat menakutkan.

Apa sajakah hal tersebut? Mari, ketahui 4 faktor penyebab tubuh gampang sakit ini.

Baca: 8 Kebiasaan Agar Tak Gampang Sakit Ini Perlu Anda Tiru

Kurang tidur Tidur amat krusial bagi kesehatan fisik dan psikis kita. Kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak, dapat membuat seluruh tubuh kita jadi menderita. Pasalnya, tidur merupakan salah satu aktivitas yang paling penting untuk menunjang hidup yang sehat, bahagia serta produktif.

Sebaiknya berhati-hatilah bagi kita yang sering kekurangan tidur. Sebab, kurang tidur dikaitkan dengan meningkatnya risiko kenaikan berat badan, kanker, dan membahayakan kesehatan tubuh lainnya. Mungkin terdengar berlebihan. Tapi, selama bertahun-tahun literatur medis telah membuktikannya.

Baca: Benarkah Banyak Keringat Pertanda Sakit Jantung?

Stres Terkadang pada taraf tertentu stres bisa memberikan pengaruh positif terhadap diri kita. Bisa lebih memotivasi. Sebab, ‘pukulan’ dari tingkat stres yang sedikit bisa memicu pelepasan hormon adrenalin. Alhasil, membuat kita jadi lebih terpacu.

Namun, tekanan dari stres yang berlebihan bisa membuat perkara bagi kesehatan kita. Seperti sakit kepala, bahkan jantung. Nah, seiring waktu stres kronis dapat membuat kita terlihat lebih tua. Ditambah lagi, memberikan sejumlah masalah besar bagi fisik dan psikis kita.

Baca: 4 Jenis Sakit Kepala dan Obat Terbaik untuk Meredakannya

Kurang aktif Kurang aktif secara fisik adalah salah satu hal yang bisa membuat masalah baru bagi kesehatan kita. Contoh yang sering kita lihat sehari-hari adalah duduk terlalu lama. Padahal, duduk yang terlalu lama bisa menonaktifkan otot rangka di tubuh  bagian bawah. Imbasnya, memberikan dampak negatf bagi metabolik tubuh.

Nah, bagi kita yang sering melalukan hal ini, tak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan ini. Cobalah untuk bangun dari tempat duduk lebih sering. Alangkah lebih baik,  bila kita bergerak lebih banyak di tempat kerja.

Baca: 15 Makanan yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Paparan bahan kimia dan polusi udara Para ilmuwan telah mengungkapkan kalau paparan besar zat merkuri, arsenik, atau bahan kimia lainnya, bisa menimbulkan kematian. Lalu bagaimana dengan jumlah yang relatif sedikit? Menurut berbagai penelitian, paparan kronis dengan relatif rendah juga bisa mendatangkan malapetaka bagi kesehatan kita.

Soalnya,  zat kimia ini dapat mengalir di dalam darah kita, lemak tubuh, atau jaringan tubuh lainnya. Imbasnya, tentu menimbulkan masalah baru bagi kesehatan tubuh. Seperti menyebabkan gangguan hormon dan sistem tubuh lainnya.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Rodalewellness