Shannen Doherty Cerita Soal Kanker Payudara yang Dideritanya

By nova.id, Jumat, 26 Agustus 2016 | 08:00 WIB
Shannern Doherty (nova.id)

TABLOIDNOVA.COM – Setelah cukup lama mengidap kanker payudara, penyakit yang diderita Shannen Doherty akhirnya ketahuan publik setelah ia memasukan tuntutan pada mantan manajernya, Tanner Mainstain Glynn & Johnson. Tuntutan yang diajukan ke pengadilan Los Angeles itu adalah kegagalan pihak manajer untuk mencadangkan dana untuk pembayaran asuransi kesehatannya.

Namun, Jumat minggu lalu, menurut dokumen pengadilan yang didapat oleh majalah Us Weekly, kedua pihak akhirnya bisa mendapat kata sepakat sehingga tuntutan itu pun segera ditarik dari pengadilan. Sayang dalam dokumen tersebut, jumlah uang yang disepakati kedua belah pihak tidak disebutkan karena dianggap sebagai rahasia.

Proses tuntutan yang diajukan Shannen ini telah berjalan selama setahun. Aktris 45 tahun ini memasukkan tuntutan itu di bulan Agustus 2015. Di tuntutan itu, ia menyebutkan penyebab kanker payudaranya menyebar ke bagian tubuh lainnya karena ia tidak memiliki asuransi kesehatan yang menyokong kemampuannya untuk mengecek kesehatannya. Mainstain seharusnya membayar premium asuransinya melalui Screen Actors Guild (SAG), tetapi tidak dilakukan.

Hal ini ketahuan oleh Shannen ketika SAG mengirimkan tagihan asuransi kesehatan kepada Tanner Mainstain di bulan November 2013. Tagihan insuransi itu dapat digunakan Shannen berobat dengan tanggungan penuh dari SAG selama tahun 2014. Tetapi, tagihan itu terus diabaikan dan tidak dibayarkan tanpa sepengetahuan Shannen. Begitu tahu, Shannen pun langsung memutuskan hubungan kerja dengan Tanner Mainstain.

Aktris yang melejit lewat serial The Beverly Hills 90210 ini kemudian mencoba untuk mendaftar lagi kepada asuransi yang diatur oleh SAG. Dari situlah, ketahuan jika ia mengidap kanker payudara yang telah menyebar. Pada saat berobat itu, Shannen mengetahui jika kanker itu sebenarnya memiliki potensial dihentikan penyebarannya jika saja berobat lebih awal. Dengan kanker yang sudah menyebar ini, ia pun harus menjalankan perawatan medis yang sangat berat termasuk mastectomy dan kemoterapi. Ini artinya ia akan sering mengalami kesakitan.

Shannen kemudian memang mengakui jika kankernya itu telah menyebar sehingga ia harus menjalankan kemoterapi. Setelah menyelesaikan delapan kali kemoterapi, ia harus menjalankan radiasi. Sementara sebelumnya, ia telah melakukan operasi single mastectomy bulan Mei tahun lalu.

Perjuangan aktris yang juga jadi favorit berkat serial Charmed ini melawan kanker bisa disimak langsung melalui akun medsosnya. Salah satunya adalah saat ia harus mencukur rambutnya hingga botak di Instagram.

Syanne/Tabloidnova.com