5 Kunci Sukses Membangun Restoran dengan Menu Internasional

By Ade Ryani HMK, Jumat, 9 September 2016 | 05:30 WIB
Ikuti 5 Kunci Sukses Membangun Restoran dengan Menu Internasional (Ade Ryani HMK)

Tren gaya hidup yang dinamis turut mengubah kebiasaan makan orang Indonesia. Kini kegiatan makan bukan lagi sekadar untuk mengisi perut. Ada keinginan pelanggan bereksperimen mencicipi beragam hidangan bercita rasa internasional. Seperti makanan Asia dan Eropa yang makin hari makin digemari.                        

Tentu saja hal ini menjadi peluang bisnis yang besar bagi mereka yang punya hobi masak seperti chef atau pebisnis restoran. Terlebih di era digital seperti sekarang, banyak pelanggan tak segan membagi pengalamannya di media sosial.

Unggahan foto makanan yang mengundang selera serta suasana restoran yang menarik tentu saja membuat banyak orang penasaran mendatangi restoran baru untuk mencicipi menu yang ada.  

Nah, untuk dapat memanfaatkan peluang ini, Anda yang ingin membidik bisnis restoran dengan menu internasional perlu memahami kiat-kiat berikut. Tujuannya agar restoran yang dikelola mampu menggaet pelanggan dan bisnis berumur panjang. Apa saja itu?

1. Konsep

Rencanakan di awal menu apa yang ingin Anda tawarkan pada pelanggan? Lalu tentukan konsep restoran.Apakah berupa fast casual dining yang biasanya terdapat open kitchen, casual dining, family style atau fine dining?

Pilihlah dekorasi untuk menunjang suasana. Banyak pelanggan menyukai interior unik sehingga betah berlama-lama. Latar saat pelanggan berfoto juga bisa jadi ajang promosi di media sosial sehingga restoran makin terekspos. Selain itu, jangan lupakan faktor lokasi yang berperan penting agar restoran Anda ramai dikunjungi.

2. Penyajian

Masakan sejatinya adalah sebuah karya seni. Itu sebabnya rasa dan presentasi makanan tak bisa dipisahkan. Jika hidangan lezat tampil dengan styling yang cantik tentu pelanggan jadi tak sabar menyantapnya.

Bukan cuma menerbitkan selera makan, penyajian yang baik juga memberi nilai lebih pada menu internasional yang disajikan di restoran. Cobalah konsisten dalam hal ini dan terus berinovasi dengan menu agar pelanggan tak bosan.

3. Cita Rasa Otentik

Selain menyajikan menu hidangan internasional favorit pelanggan, tak ada salahnya membuat signature dish yang bisa menjadi ciri khas restoran. Menu andalan yang dibuat khusus dan mencerminkan karakteristik memasak chef ini tentu memiliki bahan dan rasa unik tiada duanya.

Nah, agar dapat menciptakan signature dish tersebut mulailah berkreasi di luar resep yang dimiliki. Eksplor selera dan lidah dalam meramu aneka rasa dan jangan takut mencoba. Teknik memasak kini dengan mudah bisa ditemukan di dunia maya. Siapa tahu justru tren kuliner baru datang dari kreativitasmu sebagai chef?

Namun, tentu saja dibalik sebuah masakan yang lezat, bumbu memegang peran utama. Dan dalam prakteknya, para chef membutuhkan cara termudah untuk menyiapkan bumbu dan mengolah semua bahan hingga hidangan siap disantap.

Sayangnya waktu yang terbatas terkadang membuat chef kesulitan memperoleh bahan-bahan segar bermutu baik dan konsisten. Oleh karena itu, banyak chef yang tak ragu menggunakan produk yang bisa membantu mereka memasak dengan lebih mudah.

Salah satu produk yang sering digunakan para chef di dunia adalah Knorr yang dapat membantu dari segi kepraktisan, menghemat waktu dan biaya, namun tetap bisa menjamin kualitas rasa masakan.

Itu sebabnya pemakaian bumbu dasar yang praktis, higienis, aman, dan lezat seperti Knorr semakin membuat para chef percaya diri berkreasi dengan beragam menu internasional yang otentik. Hal ini juga membuat para pemilik restoran terbantu dalam menawarkan menu yang lebih variatif pada pelanggan.

4. Pelayanan

Pelanggan tentu bukan cuma ingin makan, bayar, dan pulang. Tempat yang nyaman dan pelayanan yang ramah membuat mereka senang dan mau datang lagi. Dan bukan tak mungkin restoran Anda akan direkomendasikan lebih luas.

Berikan interaksi pada pelanggan yang datang ke restoran Anda. Anggap saja Anda menjamu teman makan di rumah, tentu ingin suasana yang menyenangkan, bukan?

5. Kualitas

Di tengah persaingan bisnis kuliner, bukan cuma pelayanan dan cita rasa makanan yang jadi jaminan kesuksesan. Pemilik restoran perlu mengontrol food safety mulai dari bahan baku, cara mengolah masakan, tingkat kebersihan, penyajian juga pelayanan.

Untuk memastikan kualitas makanan, salah satu cara yang sering dilakukan banyak chef di dunia adalah menggunakan Knorr, yang standar kebersihannya telah teruji dan mampu menjaga kualitas rasa yang konsisten.

Menggunakan Knorr sebagai bumbu dasar juga bisa membantu Anda mengendalikan food costing, yakni bisa menghasilkan rasa dengan baik tanpa perlu banyak bahan dasar. Misalnya, rasa lezat kaldu ayam bisa lebih keluar apabila menggunakkan Knorr chicken powder.

Anda ingin memasak lebih mudah dengan menggunakan Knorr sebagai sous chef? Klik di sini untuk mendapatkan free sample produknya.

(ADV)

Ikuti 5 Kunci Sukses Membangun Restoran dengan Menu Internasional (Ade Ryani HMK)