Tips Merawat 8 Alat Dapur Agar Awet

By Dahrani Putri, Minggu, 21 Mei 2017 | 23:30 WIB
Tips Merawat 8 Jenis Alat Dapur Agar Awet (Dahrani Putri)

Merawat dan membersihkan alat dapur tentulah tidak bisa dilakukan sembarangan. Dengan perawatan yang tepat, alat dapur bisa menjadi awet. Sesuaikan perawatan berdasarkan jenis dan bahan alat dapur tersebut.

Nah, agar mudah mempraktikkannya, simak tips cerdas merawat dan membersihkan alat dapur agar awet, berikut ini.

1. Wajan atau Pan

Sebelum menggunakan wajan baru, oleskan minyak goreng di bagian bawah agar tidak mudah berkerak atau melindungi warna aslinya. Jangan merendam wajan/pan setelah digunakan, tapi usahakan langsung mencuci hingga bersih.

Apabila wajan digunakan untuk memasak bumbu yang pekat atau amis, siram dengan air panas terlebih dahulu sebelum mencucinya. Setelah bersih, lap wajan lalu simpat di tempat yang tergantung.

Baca: Ini Dia, 5 Peralatan Dapur Favorit di Indonesia

2. Panci

Pada dasarnya cara membersihkan panci hampir sama dengan wajan. Langsung cuci hingga bersih setelah pemakaian. Gunakan api dengan nyala sedang agar panci tidak mudah gosong atau berkerak.

Jika terlanjur berkerak atau gosong, bersihkan dengan campuran baking soda dan air yang oleskan secara merata pada panci gosong/berkerak. Diamkan beberapa menit, barulah Anda bisa mencucinya hingga bersih.

3. Kompor Gas

Selalu bersihkan kompor setelah selesai memasak, terutama sisa minyak yang menempel dan remah-remah makanan pada lubang keluarnya api. Untuk bekas cipratan minyak, Anda bisa membubuhkan tepung, lalu mengelap hingga bersih.

4. Talenan

Setelah memakai talenan untuk memotong  daging, ikan, ayam, maka segera oleskan jeruk nipis untuk menghilangkan sisa lemak yang menempel. Setelah itu siram dengan air panas, lalu cuci seperti biasa hingga bersih, kemudian simpan di tempat yang kering dan bersih.