Ketika Anak-anak Cerebral Palsy Menikmati Pemandangan Pagi

By nova.id, Senin, 3 Oktober 2016 | 04:47 WIB
. (nova.id)

Puluhan kursi roda hias milik anak-anak Cerebral Palsy memenuhi Jalan Raya Darmo, Surabaya, di ajang Car Free Day (CFD), Minggu (2/9/2016).

Ini adalah bagian dari acara Pencanangan Surabaya Kota Ramah Cerebal Palsy, oleh Yayasan Peduli Cerebal Plasy (YPCP) dan Darma wanita Surabaya.

Bersama orang tua dan keluarga, anak-anak cerebral palsy menikmati pemandangan pagi.

Di atas singgasana kursi roda yang nyaman dan cantik berhias, mereka berjalan memutar, mulai dari Perpustakaan BI, Taman Bungkul, lalu kembali lagi ke Perpus BI. Diah Anggraeny, Ketua Gubuk Hebat YPCP Surabaya menuturkan acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari Cerebral Palsy Dunia.

"Ini sudah jadi kali kedua YPAC melakukan kegiatan serupa, usai tahun 2013 silam. Sederhana, sebenarnya ini menjadi salah satu upaya sosialisasi kepada masyarakat apa sih Cerebral Palsy (CP) itu? sekaligus mengajak anak-anak bersenang-senang. Tak hanya YPAC, kami juga mengundang komunitas pemerhari CP lainnya di Surabaya," jelasnya usai menemani jalan sehat.

Selain mengadakan lomba kursi roda hias, YPAC juga mengajak para tamu undangan menikmati beberapa lagu dan puisi, yang dibawakan oleh anak-anak Cerebral Palsy.

Yayasan yang bertempat di Jalan Jojoran 1, nomor 15 A ini juga menyediakan layanan kesehatan. Seperti cek tumbuh kembang, kesehatan gigi anak, okupasi, terapi wicara dan fisioterapi.

"Cerebral Palsy ini bukan sebuah penyakit, tapi kondisi dimana anak-anak ini mengalami cedera otak sejak lahir. Dan dengan stimulasi, fisioterapi, bisa sebagai upaya untuk mengontrol masa otot anak-anak PC. Ada cara-caranya," jelasnya lagi

Pipit Maulidiya, Surya