Terinspirasi Kasus Jessica, Pria Ini Bunuh Dua Orang di Depok

By nova.id, Selasa, 4 Oktober 2016 | 10:33 WIB
Anton Herdianto, pembunuh dua pria di Depok. (nova.id)

Anton Herdianto (32),  membunuh  dua pria yang mayatnya ditemukan di saluran air di dua lokasi berbeda di Kecamatan Limo. Ia mengaku terinspirasi kasus Jessica, sehingga ia meniru membunuh kedua korbannya dengan racun dalam kopi.

Anton sebenarnya hendak meracun Shendy Eko Budianto (27) dan Ahmad Sanusi (20) dengan kopi bercampur potasium sianida, pada Rabu 28 September lalu.

Namun karena kesulitan mencari racun, ia menundanya dan baru bisa dilakukan, Sabtu (1/10) lalu.

"Pelaku mencari sianida sejak Rabu lalu namun gak ketemu. Akhirnya ia mendapatkan racun potasium sianida berupa sisa racun ikan di rumah kontrakannya. Racun ikan itulah yang dipakai pelaku," kata Kasat Reskrim Polresta Depok Komisaris Teguh Nugroho, Selasa (4/10).

Baca juga: Pria Ini Serahkan Diri dengan Samurai di Tangan Usai Lakukan Pembunuhan

Setelah itulah kata Teguh, Anton dan Riyadi tersangka lainnya, mengajak Shendy dan Ahmad ke lahan kosong di Kampung Serab yang diakuinya sebagai padepokan.

"Di sanalah, pelaku memberi kopi beracun ke kedua korban. Setelah itu mereka membuang mayat korban dengan mobil korban di dua lokasi di wilayah Limo," kata Teguh.

Teguh mengatakan Anton mengakui bahwa ia mengikuti kasus kopi beracun dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di televisi. Ia terinspirasi kasus Jessica

"Dia akhirnya meniru cara membunuh dengan kopi beracun dari kasus itu, karena sering melihat persidangannya di televisi," kata Teguh.

Anton sendiri yang sempat dihadirkan ke hadapan wartawan mengakui hal itu.

"Memang sering lihat kasus Jessica," katanya.

Budi Sam Law Malau  / Warta Kota