Banyak Istri Lakukan Seks Karena Kewajiban Bukan Demi Kenikmatan

By nova.id, Kamis, 13 Oktober 2016 | 05:30 WIB
Banyak Istri Menganggap Seks Adalah Beban Kewajiban Bukan Kenikmatan (nova.id)

Pembahasan ini pasti sering Anda dengar ketika membicarakan seputar kewajiban melayani hasrat pasangan dalam sebuah pernikahan.

Seks di awal kehidupan pernikahan merupakan sebuah momen intim yang ditunggu-tunggu setiap pasangan untuk bermesraan. Apalagi, gairah seakan meletup ketika baru menjalani biduk rumah tangga.

Namun kondisi tersebut seringkali berangsur berkurang tatkala pasangan sudah mulai disibukkan dengan kehadiran anak dan beban kehidupan.

Saat itu, biasanya seks acapkali dirasakan sebagai beban kewajiban bukan meraih kenikmatan biologis, terutama bagi sebagian para istri. Pemicunya bisa karena faktor kebosanan maupun faktor kesehatan akibat keletihan.

Ini adalah fakta yang ditemukan dari sebuah survei yang digelar oleh Healthy Women’s WomenTALK. Fakta tersebut mengungkapkan bahwa sebanyak 66 persen perempuan berhubungan seksual dengan suami hanya satu kali dalam sepekan.

Baca: 7 Ciri Kehidupan Seksual Suami Istri Disebut Sehat dan Normal

Temuan ini menegaskan anggapan bahwa kenyataannya aktivitas berhubungan seks tak disangka-sangka menjadi beban istri sehingga membuat mereka merasa jenuh dan tidak menikmati seks.

Lalu, survei juga mengungkapkan bahwa hubungan seksual tidak dinikmati oleh mayoritas responden perempuan karena akhirnya menganggap seks sebagai beban atau kewajiban.

Alhasil, mayoritas responden mengaku bahwa seiring waktu pernikahan mereka tak lagi pernah merasakan orgasme.

“Ada sebuah kejenuhan pada para istri sehingga memengaruhi dorongan seksual mereka. Banyak wanita memiliki pikiran bahwa dalam satu hari ada 24 jam dan banyak hal yang bisa dilakukan, tetapi seks bukan prioritas mereka,” jelas Naomi Greenblatt, M.D, seorang psikiater bersertifikasi dari AS.

Baca: Bagaimana Mencapai Klimaks Bercinta Tanpa Gangguan?

Hasil survei memperlihatkan bahwa 63 persen istri sepakat komunikasi memainkan peranan penting dalam kepuasan seksual.

Namun, hanya 42 persen yang mengatakan, mereka benar-benar menikmati dan puas dengan hubungan seksual meski sudah membangun komunikasi yang baik bersama pasangan.

Sejumlah pakar dan psikolog telah membeberkan ragam manfaat seks untuk keberlangsungan hidup manusia. Manfaat itu melingkupi kesehatan, kebahagiaan, dan kestabilan emosi.

Selain itu, seorang dermatolog juga menegaskan, hubungan seksual yang rutin bisa meningkatkan kecantikan perempuan.

Baca: 7 Penyebab Seks Pasutri Terasa Melelahkan dan Membosankan

“Perempuan yang bercinta minimal empat kali dalam semingu berpotensi tinggi terlihat lebih muda 10 tahun dari usia sebenarnya,” jelas Greenblatt.

Oleh karena itu, jika ritual bercinta berjalan membosankan, maka carilah waktu untuk membicarakannya pada suami Anda.

Greenblatt menyarankan bahwa berlibur berdua saja tanpa kehadiran anak-anak bisa mengembalikan luapan dan semangat bercinta antara pasangan suami istri.

Rakhma/KompasFemale Sumber: Women’s Health