Trik Memilih Sepatu Olahraga yang Benar Agar Lutut Tak Cedera

By nova.id, Senin, 15 Mei 2017 | 05:30 WIB
Hobi Olahraga Lari Cegah Bahaya Dehidrasi dan Overhidrasi 1 (nova.id)

Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif yang paling sering terjadi di lutut, pinggul, leher, sendi di jari tangan, dan basis di jempol dari jari-jari kaki yang besar. Menurut survei, sendi yang paling sering terserang osteoartritis adalah lutut.

Tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan osteoartritis, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya dan meningkatkan fungsi lutut Anda. Salah satunya adalah berolahraga untuk meningkatkan kekuatan otot, mengurangi rasa sakit pada sendi, dan menurunkan risiko para penderita osteoartritis menjadi disabilitas.

Untuk berolahraga, tentu saja Anda membutuhkan sepatu olahraga. Tapi, bagi penderita osteoartritis tentu saja harus memilih sepatu olahraga yang tepat agar masalah di lutut tak semakin parah.

Baca: 5 Kesalahan Saat Membeli Sepatu Lari

Seperti yang dilansir dari lama HelloSehat sepatu olahraga pada umumnya dikategorikan ke dalam 2 kategori, yaitu sepatu tipe stability dan neutral.

Sepatu tipe stability

Sepatu jenis ini terbuat dari sol tengah yang tebal dan empuk dan dilengkapi dengan hak. Sepatu ini dibuat untuk mengontrol pergerakan dan overpronasi (kecenderungan kaki untuk bergerak ke depan melebihi yang diperlukan untuk mendistribusikan berat badan yang ditopang oleh tubuh dan penyerapan tekanan).

Sepatu tipe stability membantu Anda meringankan beban yang ditanggung oleh tumit, yang di mana untuk para penderita osteoartritis, hal ini sangatlah penting.

Sepatu tipe neutral

Sepatu jenis ini dapat membantu memberikan Anda bantalan kaki yang nyaman serta membantu penyerapan tekanan pada kaki Anda. Sepatu jenis ini juga didesain untuk udah ditambahi dengan custommolded orthotic, alat yang biasanya digunakan oleh para penderita artritis.

Namun, saat memilih sepatu olahraga, Anda pun perlu memerhatikan hal-hal berikut:

1. Bantalan yang empuk

Sepatu dengan bantalan yang empuk dapat membantu Anda mengurangi tekanan pada lutut ketika Anda berlari atau berjalan. Sepatu dengan bantalan yang empuk mengambil alih tekanan ketika kaki Anda menginjak lantai, sehingga tekanan yang sampai ke lutut lebih sedikit.

Sepatu dengan bantalan yang empuk ini juga dapat membantu mengurangi dampak tekanan dari berjalan di tempat yang keras atau berdiri dalam jangka waktu yang lama di lantai yang keras.

Baca: 5 Tips Memilih Pakaian Olahraga dari Lisa Namuri

2. Sol sepatu

Sol sepatu yang baik dapat membantu mencegah telapak kaki Anda menekuk secara berlebihan.

Saat telapak kaki Anda menekuk secara berlebihan, tungkai kaki bagian bawah dan lutut Anda secara bergantian terus-menerus setiap kaki Anda menginjak lantai. Pergerakan ini bisa menyebabkan lutut Anda semakin sakit.

3. Terdapat arch support

Arch support membantu kaki Anda mengontrol pelekukan, sehingga membuat Anda berjalan dan berlari dengan lebih nyaman. Tidak adanya arch support pada sepatu Anda bisa jadi menyebabkan Anda merasa kurang nyaman saat berjalan atau berlari.

Arch support juga membantu tubuh Anda mendistribusikan beban berat badan secara merata, sehingga membantu keseimbangan Anda. Dan yang paling penting, arch support membantu penyerapan tekanan dan mengambil alih tekanan pada tumit Anda.

Baca: 4 Bahaya Bila Tak Segera Ganti Legging Usai Olahraga

4. Ukuran yang tepat

Terkadang, memang susah untuk mendapat sepatu yang benar-benar pas untuk ukuran kaki Anda. Pastikan Ada ruang di antara jari-jari kaki Anda. Kalau sepatu Anda terlalu kesempitan, maka bisa membuat kaki Anda tidak nyaman.

5. Bermodel sepatu tali

Ternyata, sepatu tali bukan hanya sekadar model, tapi berperan penting dalam kenyamanan sepatu Anda.

Mengikat tali sepatu Anda dengan benar dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit, tekanan di luar kaki, dan risiko cidera. Jika diikat dengan benar, gesekan antara kaki dan sepatu Anda akan berkurang, yang artinya melindungi kaki Anda dari lecet-lecet.

Baca: 4 Skincare Wajb Bagi Perempuan yang Gemar Berolahraga

6. Jangan pilih yang ada hak tinggi

Saat ini, sedang populer sepatu sneakers yang dilengkapi dengan hak. Sepatu jenis ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh penderita osteoartritis. Memakai sepatu olahraga yang tidak berhak mengurangi risiko Anda terkena cidera ankel atau cidera kaki, yang semakin menyiksa Anda.

7. Coba yang paling nyaman

Selalu diingat bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Mungkin saja, jenis sepatu yang satu cocok untuk Anda, tetapi tidak cocok untuk penderita osteoartritis yang lain.

Oleh karena itu, pilihlah jenis sepatu yang paling cocok untuk Anda. Anda dapat meminta bantuan dari ahli untuk memastikan jenis sepatu mana yang paling cocok untuk Anda.