Manfaat Nyata Sel Punca Untuk Wajah Awet Muda Bebas Keriput

By nova.id, Rabu, 19 Oktober 2016 | 07:00 WIB
Manfaat Nyata Sel Punca Untuk Wajah Awet Muda Bebas Keriput (nova.id)

Anda mungkin sudah mendengar soal keunggulan sel punca yang diklaim sangat efektif melawan penuaan kulit.

Sel punca pertama kali tercetus dari metode perawatan kecantikan para pesohor Hollywood yang tetap kelihatan segar dan kencang di usia mereka yang tak lagi muda.

"Sel punca memiliki suatu mistik, sel-sel mirip bunglon yang diperkirakan mampu membuat kulit terlihat segar dan muda," kata Erin Gilbert, ahli dermatologi di New York City.

Sel punca atau stem cell merupakan bahan yang sedang dipopuler digunakan sebagai kandungan dalam produk skincare anti penuaan.

Baca: Benarkah Terapi Stem Cell Bisa Membuat Awet Muda?

Mengenal lebih lanjut khasiat sel punca untuk mencegah penuaan Organisme dengan banyak sel (tanaman, buah-buahan, hewan, manusia) umumnya memiliki sel punca. Sel-sel ini ditemukan di seluruh tubuh, yang berperan dalam meremajakan jaringan. Sel punca terletak di bawah permukaan kulit, yang membantu fungsi-fungsi pemulihan, seperti regenerasi sel, dan pada akhirnya meningkatkan kapasitas untuk memperbaiki kulit yang menua, jelas Gilbert.

Kelebihan sel punca terletak pada kemampuannya untuk berkembang menjadi berbagai tipe sel yang berbeda. Teorinya, dengan mengaplikasikan produk yang mengandung ekstrak sel punca yang berasal dari tanaman atau buah-buahan maka bisa mendorong pertumbuhan sel punca kulit Anda sendiri sehingga kemungkinan dapat memicu efek antipenuaan.

Baca: Sejatinya, Terapi Stem Cell untuk Menangani Penyakit Degeneratif

Kandungan sel punca dalam produk kecantikan antipenuaan Sel punca dalam produk-produk kecantikan terutama diperoleh dari tanaman dan buah-buahan yang bisa tetap segar dalam waktu lama, seperti apel Swiss, edelweiss, mawar, juga kurma. Ekstrak dari sel-sel punca ini (bukan sel-sel hidupnya) ditambahkan ke dalam produk-produk perawatan kulit. Dalam krim wajah atau serum yang mengandung sel punca, substansi sel ini dituliskan dalam label kemasan, seperti ferulic acid, ellagic acid, atau quercetin.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa sel punca bisa mendukung produksi kolagen, protein pembentuk kulit. Produk kecantikan dengan sel punca pun sering diformulasi dengan bahan pelembab efektif lainnya. Produk-produk ini layak dicoba, namun tentu saja Mama jangan berharap hasilnya terlihat dengan cepat.

Salah satu rangkaian produk kecantikan yang menggunakan sel punca sebagai bahan aktifnya adalah Jeunesse. Produk asal Perancis yang bermakna awet muda ini mengembangkan rangkaian produk antipenuaan dini yang berfokus pada kesehatan dan pembaharuan sel.

Baca: Stem Cell Dikembangkan untuk Anti Aging

Jeunesse, yang resmi diluncurkan di Indonesia pada Sabtu (30/7) lalu, mengenalkan rangkaian produk Luminesce. Rangkaian perawatan antiaging-nya terdiri atas Essential Body Renewal (body lotion dengan ekstrak buah dan legume), Youth Restoring Cleanser (pembersih wajah dengan alpha dan beta hydroxy acids), Cellular Rejuvenation Serum (serum yang diperkaya dengan antioksidan untuk mengurangi keriput), Advanced Night Repair (krim malam dengan antioksidan), dan Daily Moisturizing Complex (lotion wajah SPF30 dengan ekstrak buah dan legume).

Sebagai perawatan dari dalam, Jeunesse juga menciptakan Reserve, sari buah yang mengandung antioksidan. Produk ini diformulasi untuk memperbaiki DNA dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dini Felicitas/TabloidNakita dan Real Simple