Ditahan KPK, Mantan Menkes Siti Fadilah Tidur Beralas Matras di Rutan Pondok Bambu

By nova.id, Selasa, 25 Oktober 2016 | 06:45 WIB
Menteri Kesehatan 2004-2009 Siti Fadilah Supari menahan tangis saat ditahan KPK di Rutan Wanita Pondok Bambu Jakarta Timur, Jakarta, Senin (24/10/2016) (nova.id)

Mata Siti Fadilah berkaca-kaca dan bersuara parau menahan tangis saat ditahan penyidik KPK. Dokter ahli jantung ini, mulai Senin (15/10) resmi menjadi penghuni Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Di hari pertama penahanan, Siti menghuni Sel Mapenaling bersama 20 tahanan kasus pencurian, pembunuhan hingga tahanan penipuan.

Hanya matras tipis yang disediakan pihak Rutan. Tak ada juga lemari untuk menampung baju. Baju para tahanan termasuk Siti hanya diletakkan di lantai. Untuk mandi dan buang hajat harus bergantian dengan sesama penghuni Rutan.

Baca: KPK Temukan Uang Senilai Rp 700 Juta Terkait Dugaan Suap Saipul Jamil

Siti Fadilah tiba di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur sekitar pukul 15.30 WIB dengan mobil tahanan KPK.

"Begitu tiba tadi kami lakukan proses pemeriksaan berkas dan pemeriksaan kesehatan di klinik rutan," kata Kepala Rutan Pondok Bambu, Ika Yusanti kepada Tribunnews.

Setelah proses tersebut, Siti Fadilah lantas ditempatkan di sel Mapenaling (masa pengenalan lingkungan) berukuran 5x6 meter persegi. Ika mengatakan, kapasitas sel Mapenaling sebenarnya hanya 10 tahanan. Namun, saat ini sel tersebut dihuni 20 tahanan.

Para tahanan yang menjadi teman satu sel Siti yakni mulai tahanan kasus pencurian, pembunuhan hingga tahanan kasus penipuan. "Nanti dia akan tinggal bareng sama mereka," kata Ika.

Baca: Disebut Terima Uang Hasil Korupsi, Ini Reaksi Syahrini

Sebagai tahanan baru, akan menjalani masa karantina di sel mapenaling tersebut paling cepat selama 14 hari.

Selama itu, ia tidak diperbolehkan untuk keluar dari kamar sel kecuali untuk keperluan kegiatan rutan. "Mandinya di dalam kamar itu, enggak boleh keluar kamar selnya," ujar Ika.

Menurut Ika, tak ada fasilitas mewah di tempat baru Sitii. Ia dan tahanan baru lainnya hanya diberikan alas tidur berupa matras tipis dan kamar mandi di dalam sel.

Baca: Iis Dahlia: Saya Tak Tahu Dibayar Dengan Uang Korupsi atau Bukan

Sementara, pakaian ganti tahanan di sel tersebut hanya digeletakkan di lantai."Di kamar Mapenaling cuma kami beri matras untuk alas tidurnya, sama seperti yang lain. Lemari pakaian tidak ada," ujarnya.

Ika meyakinkan pihaknya tidak akan memberikan perlakuan berbeda kepada Siti Fadilah Supari kendati diketahui bahwa Siti adalah mantan Menteri Kesehatan dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) era Presiden SBY.

"Nanti dia boleh dibawakan makanan dan pakaian sehari-hari untuk ganti. Tapi, harus kami periksa dulu. Kalau dia minta pasang AC pasti neggak boleh. Lagipula kalau pasang AC di kamar pasti listriknya langsung turun, enggak kuat dayanya," tukasnya.