Penyebab Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Tak Selalu Sama

By nova.id, Kamis, 27 Oktober 2016 | 06:00 WIB
Inilah 8 Tipe Payudara Bra yang Tepat Digunakan 2 (nova.id)

Payudara terdiri dari kulit, jaringan glandular, jaringan ikat, ligamen, dan lemak. Payudara memang selalu mengalami perubahan ukuran seiring usia, bahkan pada sebagian wanita ukuran kanan dan kiri bisa berbeda.

Pada dasarnya ada berbagai variasi ukuran payudara, bahkan pada seorang perempuan ukuran payudara kanan dan kiri berbeda.

Baca: 7 Jenis Bentuk Payudara Perempuan dan Bra yang Sesuai

"Walau puting dan aerola cenderung sama dan konsisten pada kedua payudara, tetapi bagian payudara kiri biasanya lebih besar dibanding yang kanan. Perbedaan lainnya adalah salah satunya lebih tinggi atau lebih bulan dibanding sebelahnya," kata Amanda Wheeler, dokter bedah payudara dari Stanford Health care.

Perbedaan ukuran itu terjadi karena salah satu payudara berkembang lebih awal dan lebih cepat dibanding payudara satunya, terutama bila pubertas terjadi di usia lebih dini, misalnya usia 11 atau 12 tahun.

Baca: 3 Hal yang Terjadi pada Payudara Saat Bercinta

Ada pula kondisi di mana satu payudara punya perbedaan ukuran yang signifikan. Para ahli menyebut kondisi itu sebagai sindrom Poland.

Perbedaan ukuran yang mencolok tentu menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi hal itu bisa dikoreksi dengan bedah plastik untuk membuat ukuran payudara lebih simetris kanan dan kiri.

Kompas Health