Hanya 45 Menit Bikin Roti Pretzels ala Toko di Mal

By nova.id, Rabu, 26 Oktober 2016 | 07:45 WIB
Hanya 45 Menit Bikin Pastry Pretzel ala Toko di Mal (nova.id)

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan salah satu merek toko pastry yang menjual hidangan pretzels dengan taburan gula serta aroma kayu manis yang enak.

Ya, kini tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Anda bisa membuat pastry pretzels di rumah secara mudah. Hanya 45 menit saja dan siap disantap saat hangat.

Bahan membuat pastry pretzels khas Rusia: 1 bks ragi instan 180 ml air hangat 1 sdt gula pasir halus 1½  sdt garam 425 g tepung terigu berprotein tinggi Olesan: 1 btr telur ayam, kocok 1 sdm garam kasar

Cara membuat pastry pretzels khas Rusia: 1.    Campurkan ragi dengan air hangat, aduk rata. Tambahkan gula dan garam, aduk. 2.    Campurkan tepung dengan cairan ragi. Aduk tepung menggunakan mixer bermata spiral hingga lembut. 3.    Ambil adonan dan timbang hingga seberat 30 g. Pilin hingga adonan seperti tali. Bentuk menjadi bentuk pretzel atau lingkaran berpilin. 4.    Atur adonan di atas loyang datar beralas kertas anti lengket dan bertabur tepung terigu. Olesi permukannya dengan telur kocok. 5.    Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat Celsius selama 10 menit hingga mengembang dan permukaannya kecokelatan. Keluarkan dari oven. 6.    Olesi sekali lagi permukaan roti dengan telur. Taburi dengan garam kasar. 7.    Panggang kembali selama 5 menit hingga permukaannya kecokelatan dan mengilap. Angkat.

15 buah 45 menit

Uji Dapur: NOVA Penata Saji: T. Firta Hapsari Foto: Romy Palar/NOVA